Pendaftaran untuk seleksi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) tahun 2024 segera dibuka, menjadi informasi krusial bagi para guru yang berencana mengikuti program ini.

Nunuk Suryani, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), menjelaskan bahwa para guru dapat memeriksa undangan PPG Daljab 2024 melalui akun SIMPKB di https://paspor-gtk.simpkb.id/ atau situs resmi Kemendikbud di https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Baca Juga : Ini Cara Membuat Jamu Temulawak yang Meningkatkan Nafsu Makan!

SIMPKB adalah platform untuk pendaftaran dan monitoring status undangan, sedangkan situs Kemendikbud menyediakan informasi resmi terkait program ini. Sebanyak 576.961 guru yang telah lulus seleksi administrasi dan akademik hingga 2023 diundang untuk mengikuti PPG Daljab, sementara yang belum berhasil diharapkan mengikuti seleksi administrasi kembali.

Cara Mengecek Undangan PPG Daljab 2024

Melalui Akun SIMPKB:

  1. Masuk ke akun SIMPKB: Akses tautan https://paspor-gtk.simpkb.id/ dan masuk ke akun Anda.
  2. Pemberitahuan Undangan: Jika Anda mendapatkan undangan, akan ada notifikasi yang menyatakan kelulusan Anda dalam seleksi administrasi tahun 2023.
  3. Konfirmasi: Klik tombol “Konfirmasi PPG Daljab 2024” untuk melanjutkan proses pendaftaran. Tunggu jadwal “Konfirmasi Pendaftaran Dibuka” dan lakukan konfirmasi pada tanggal yang ditentukan.

Lengkapi Data Profil (Jika Tidak Mendapatkan Undangan):

  1. Lengkapi Data di Akun SIMPKB: Jika tidak menerima undangan, lengkapi data profil Anda di akun SIMPKB.
  2. Verifikasi Data: Pastikan data yang diminta terisi lengkap hingga status pemenuhan persyaratan ditandai dengan tanda centang hijau.
  3. Ajukan Berkas: Klik “Ajukan Berkas” untuk verifikasi oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) daerah.

Jika Anda berada dalam kategori ini, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengikuti PPG Daljab di tahun 2025 mendatang.

Baca Juga : Khasiat Daun Meniran dalam Menjaga Kesehatan Tubuh serta Dampaknya yang Perlu Diperhatikan

Statistik Undangan PPG Daljab 2024

Dari database Kemendikbud yang mencakup 600.000 guru, sekitar 576.961 guru telah diundang untuk mengikuti PPG Daljab 2024 berdasarkan kelulusan seleksi administrasi dan akademik hingga tahun 2023. Bagi yang belum memenuhi syarat, disarankan untuk mengikuti seleksi administrasi pada jadwal yang akan ditentukan.

Penulis : Ahmad Fauzansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *