Siapakah Seorang Android Developer? – Blog Teknokrat
Siapakah Seorang Android Developer?

Siapakah Seorang Android Developer?


Menurut riset DataReportal, jumlah pengguna perangkat seluler saat ini di Indonesia mencapai 370,1 juta, dan 90,84% di antaranya adalah pengguna yang menggunakan sistem operasi Android. Selain itu, menurut data.ai, pengguna mobile di Indonesia mengunduh 7,31 miliar aplikasi sepanjang tahun 2021. Angka-angka tersebut menunjukkan potensi besar pasar aplikasi mobile di Indonesia, menjadikannya sebagai pasar yang menarik bagi para pengembang aplikasi.

baca juga : Timeline Program Beasiswa IDCamp 2022

Seorang Android Developer adalah seorang Software Developer yang berspesialisasi dalam merancang dan membangun aplikasi berbasis mobile menggunakan sistem operasi Android. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan aplikasi yang berfungsi dengan baik, memiliki antarmuka pengguna yang intuitif, mengelola data dengan efisien, serta melakukan debugging dan pengujian aplikasi secara menyeluruh. Seorang Android Developer juga diharapkan menguasai bahasa pemrograman Java dan/atau Kotlin serta memiliki pemahaman yang baik tentang Jetpack, sebuah rangkaian alat dan library yang dirancang untuk membantu pengembangan aplikasi Android.

Dalam industri pengembangan Android, terdapat berbagai posisi yang ditawarkan untuk seorang Android Developer, antara lain:

  1. Android Architect
  2. Android Engineer
  3. Mobile App Developer
  4. Mobile Lead Software Engineer
  5. Android Mobile Developer
  6. Mobile Developer
  7. Mobile Embedded Software Engineer

Berdasarkan data laporan gaji, seorang Android Developer di Indonesia memiliki kisaran gaji antara 6 hingga 10 juta rupiah.

Program beasiswa IDCamp 2022 memberikan kesempatan bagi pesertanya untuk menjadi seorang Android Developer. Dengan kurikulum yang didesain oleh Dicoding dan merupakan Google Developers Authorized Training Partner di Indonesia, siswa dipersiapkan untuk menjadi Android Developer berstandar global Google.

baca juga : IDCamp 2022 Virtual Campus Roadshow: Universitas Negeri Yogyakarta

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang Android Developer bersama IDCamp 2022? Nantikan informasi penerimaan kelas lanjutannya di learning path Android Developer pada tanggal 8 September 2022.

Penulis : Wira

teknokrat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *