Solusi Atasi Gagal Masukkan Token Listrik ke Meteran dengan Mudah
Token listrik merupakan sistem pembayaran prabayar yang praktis digunakan karena memungkinkan pengguna untuk memperkirakan konsumsi listrik. Meski demikian, kegagalan dalam mengisi token listrik bisa dialami oleh siapa saja. Terdapat berbagai penyebab yang dapat menimbulkan masalah ini.
Pengisian token listrik ke meteran sebenarnya relatif mudah. Namun, tidak jarang terjadi kegagalan, terutama bagi pelanggan baru.
Baca Juga : Cara Praktis Daftar dan Aktivasi KlikBCA Tanpa Perlu Berkunjung ke Bank
Kemungkinan besar, penyebab kegagalan pengisian token listrik adalah masalah pada server penyedia layanan. Meski demikian, kesalahan juga bisa berasal dari pengguna akibat ketidaktelitian. Lalu, bagaimana cara mengatasi token listrik yang gagal masuk ke meteran?
Untuk mengetahui cara mengatasi token listrik yang gagal masuk, serta penyebab kegagalannya, simak artikel berikut ini.
Faktor Penyebab Token Listrik Gagal Masuk ke Meteran PLN
- Permohonan Pelanggan yang Belum Terselesaikan
- Contohnya adalah perubahan daya yang masih dalam proses penyelesaian.
- Kesalahan dalam Memasukkan Token Listrik
- Pengguna mungkin salah memasukkan angka saat input token.
- Sistem Meter Prabayar dalam Periode Pembaruan
- Sistem sedang di-update, sehingga pengisian token tidak dapat dilakukan sementara waktu.
- Kesalahan Teknis Instalasi
- Ditandai dengan munculnya keterangan “periksa” pada layar meteran PLN.
Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang membuat token listrik gagal diinput, yaitu reject, used, dan over. Reject terjadi karena pengisian token gagal dan pengguna diminta untuk mencoba lagi. Used terjadi karena token yang dimasukkan sudah pernah digunakan. Over terjadi ketika daya listrik yang diisi melebihi kapasitas meteran PLN.
Jika masalah terus berlanjut, hubungi PLN 123 agar petugas dapat melakukan pengecekan langsung ke rumah.
Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Masuk ke Meteran
Baca Juga : Trik Mengatasi Pesan “Akun Diblokir karena Spam” di WhatsApp
- Beli Token Listrik di Tempat Tepercaya
- Banyak merchant yang menyediakan layanan pembelian token listrik, namun pastikan membeli dari aplikasi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satunya adalah Mitra Bukalapak.
- Cek Kembali Nomor ID Meter dan Token Listrik
- Pastikan nomor ID meter yang dimasukkan saat membeli token sudah benar. Sesuaikan nama pelanggan yang muncul dengan nama Anda. Masukkan token perlahan-lahan untuk meminimalkan kesalahan.
- Reset Meteran Listrik
- Jika gagal memasukkan token, reset meteran listrik dengan menekan angka 00 dan tombol “enter”. Tunggu beberapa saat hingga meteran selesai melakukan proses, kemudian coba masukkan token kembali.
- Mengajukan Keluhan ke Layanan Pelanggan PLN
- Jika masalah berulang, hubungi layanan pelanggan PLN melalui berbagai channel berikut:
- Call center: 123
- Facebook: PLN 123
- Twitter: @pln_123
- Instagram: @pln123_pln.co.id
- Email: pln123@pln.co.id
- Aplikasi: PLN Mobile
- Website: pln.co.id
- Anda juga dapat langsung datang ke kantor cabang PLN terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dari petugas.
- Jika masalah berulang, hubungi layanan pelanggan PLN melalui berbagai channel berikut:
Dengan memahami penyebab dan cara mengatasi token listrik yang gagal masuk ke meteran, diharapkan masalah tersebut dapat segera teratasi tanpa menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna.
Penulis : Ahmad Fauzansyah