8 Tips Menulis Tesis dalam 30 Hari – Blog Teknokrat
8 Tips Menulis Tesis dalam 30 Hari

8 Tips Menulis Tesis dalam 30 Hari

Halo-sobat Teknokrat, Semua Mahasiswa ingin tahu bagaimana menulis tesis dalam 30 Hari. Sebelum berbagi tips yang saya gunakan dalam perjalanan menulis saya, pertama-tama kami perlu bertanya: apakah mungkin menulis skripsi dalam satu bulan? dan benar-benar menyelesaikannya? Jawaban atas pertanyaan ini adalah ya! Anda benar-benar dapat menulis tesis dalam 30 hari. Dan Anda dapat menulis tesis Anda , dari awal hingga akhir, tanpa tekanan emosional yang sering menyertai tugas yang begitu besar. Dan, sebelum Anda bertanya, tidak, Anda tidak akan membayar siapa pun untuk menulis tesis untuk Anda. Anda akan menulis tesis Anda sendiri.

8 tips saya tentang cara menulis tesis atau disertasi dalam sebulan

Sebelum kita mulai, izinkan saya mengatakan bahwa tidak ada orang yang lahir dengan mengetahui cara menulis tesis. Profesor saya tidak dilahirkan mengetahui bagaimana menulis tesis dan saya juga tidak dilahirkan mengetahui bagaimana menulis tesis.

Saya belajar bagaimana menulis tesis. Itu tidak mudah, dan saya banyak berjuang dalam menulis tesis pertama saya. Itu sampai saya menemukan apa yang perlu saya lakukan untuk melanjutkan dan menyelesaikan penulisannya.

Saya kemudian menggunakan pelajaran itu dan menerapkannya pada tesis kedua saya dan setiap tugas menulis sejak saat itu. Menulis menjadi menyenangkan.

1. Sesuaikan Harapan Anda

Jika Anda ingin menyelesaikan penulisan tesis Anda dalam sebulan, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa Anda tidak perlu membuat terobosan baru dalam tesis Anda agar tesis Anda dapat diterima.

Jika karena alasan tertentu Anda merasa perlu membuat terobosan baru, maka Anda perlu menyesuaikan ekspektasi Anda dengan cepat. Inti dari tesis adalah untuk menunjukkan penguasaan literatur dan menunjukkan bahwa Anda mampu mensintesis  dan mempresentasikan karya-karya tersebut secara persuasif.

Itu saja yang perlu Anda lakukan.

Jika Anda mengincar lebih banyak, maka pertimbangkan dua poin ini:

  • Anda belum memiliki pelatihan lanjutan atau pengalaman untuk “berkontribusi” ke lapangan. Ini tentu bukan tidak mungkin, tapi bukan itu yang diharapkan dari Anda dalam tesis MA Anda (dan bahkan dalam tesis PhD Anda). Nyatanya, jika Anda bisa sedikit saja “memajukan” penelitian, itu dianggap sebagai pencapaian yang luar biasa!
  • Anda membutuhkan lebih dari 30 hari atau 3 bulan atau bahkan 3 tahun untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Mengapa? Karena Anda perlu membaca secara harfiah semua yang ada di subjek Anda. Dan itulah yang diharapkan Anda lakukan ketika Anda telah selesai menulis tesis Anda, dan memutuskan untuk mengejar karir akademik.

Untuk dua alasan ini, menurut saya yang terbaik adalah melihat tesis Anda sebagai sesuatu yang mencerminkan apa yang telah Anda latih, yaitu menulis tesis yang baik menggunakan keterampilan yang sudah Anda miliki . Anda cukup dan Anda mungkin sudah memiliki apa yang diperlukan untuk menulis tesis Anda. Jadi jangan terlalu keras pada diri sendiri. Pikirkan ini: Sama seperti Anda tidak dapat berlari maraton jika Anda telah berlatih untuk 5k, Anda juga tidak dapat “berkontribusi di lapangan” ketika Anda masih dalam proses pelatihan tentang cara menulis sebuah tesis. Kemungkinan besar, ini adalah pertama kalinya Anda menulis tesis gelar master, jadi santai saja. (Lebih lanjut tentang menulis disertasi PhD di bawah).

Jadi, sesuaikan harapan Anda.

Sekarang, jika Anda mencoba untuk menulis tesis PhD Anda dalam sebulan, izinkan saya mengatakan bahwa itu hampir tidak mungkin. Tetapi jika Anda memiliki keadaan tertentu (katakanlah seperti penyakit serius), bicarakan dengan penasihat Anda tentang hal itu dan lihat apa yang dia sarankan.

2. Jangan Menjadi Perfeksionis

Seorang profesor pernah mengatakan kepada saya, jika Anda ingin menulis tesis yang sempurna, “Anda tidak akan pernah selesai menulis.” Dan dia benar. Saya tidak dapat mulai memberi tahu Anda berapa banyak waktu yang saya sia-siakan untuk mencoba menulis tesis yang sempurna (AHHH!). Pada akhirnya, itu tidak sepadan. Saya akhirnya menunda-nunda dan membuang-buang waktu. Aku berharap aku bisa memiliki waktu itu kembali. Tolong, jangan membuat kesalahan yang sama yang saya buat.

Setelah pengalaman yang menguras emosi itu, saya mengubah pendekatan saya. Saya berusaha keras untuk menulis sesuatu yang baik (dan tidak sempurna). Saya kemudian mendapat umpan balik tentang ide-ide saya dari profesor saya dan kembali dan membuatnya lebih baik. Akhirnya, mereka, di mata saya, sempurna. Aku merasa senang.

Jika Anda masih merasa perlu menjadi seorang perfeksionis, pertimbangkan ini: selalu ada lebih banyak hal yang dapat Anda katakan tentang topik Anda. Ada lebih banyak contoh yang dapat Anda diskusikan, lebih banyak bukti untuk mendukung argumen Anda, dan ada banyak cara untuk mengatur ide, paragraf, dan bab Anda untuk akhirnya mengubah tesis Anda menjadi “mahakarya”. Anda benar-benar dapat terus menulis dan menulis ulang tesis Anda selamanya.

Jika Anda memiliki waktu yang terbatas dan Anda ingin menyelesaikan penulisan tesis Anda dalam 30 hari, maka bantulah diri Anda sendiri dan fokuslah untuk menyelesaikannya . Tulis sesuatu yang cukup baik dan lanjutkan dengan mengetahui bahwa Anda akan kembali lagi nanti. 

Jadi berhentilah memperbaiki hal-hal hari demi hari. Tujuannya adalah untuk membuat kemajuan linier setiap hari sampai Anda selesai.

Ingat, tesis selesai yang biasa-biasa saja lebih baik daripada tesis sempurna yang belum selesai.

2. Ambil Aturan 80/20 dengan Serius

Setiap tugas menulis akan memakan waktu sebanyak yang Anda bersedia berikan.
Jadi jika Anda memberi diri Anda 10 jam untuk menulis apa yang biasanya memakan waktu 2 jam, maka Anda akan menghabiskan 10 jam untuk mengerjakannya.
Dan kebalikannya benar.
Jika Anda memiliki tugas yang biasanya membutuhkan waktu 10 jam untuk diselesaikan, dan saya memberi Anda waktu 2 jam untuk mengerjakannya, Anda mungkin akan menyelesaikannya dalam 2 jam.
Atas dasar ini, jika Anda ingin menulis tesis Anda dalam 30 hari, Anda harus memutuskan bahwa hanya 30 hari yang Anda miliki untuk menyelesaikan penulisannya. Bersikaplah tegas tentang tenggat waktu ini, dan bekerjalah dengan tujuan untuk menyelesaikannya.

3 Gunakan Grammarly: Asisten Penulisan Online

Untuk membantu mempercepat proses penulisan, Anda bisa memanfaatkan asisten penulisan yang andal seperti Grammarly . ( Pengungkapan : ini adalah tautan afiliasi yang berarti saya akan menerima komisi jika Anda melakukan pembelian menggunakan tautan rujukan saya.) Perlu diketahui bahwa saya hanya berbicara tentang layanan yang saya yakini dan dapat mendukung. Dan ini adalah salah satu produk luar biasa yang bisa sangat bermanfaat bagi Anda jika Anda ingin mengatasi hambatan penulis dan menghindari pelambatan yang tidak perlu .

4. Jangan Mencoba Menduplikasi

Inilah dosis realisme.
Asli seperti yang Anda inginkan dalam tesis Anda, seseorang telah menulis tentang topik Anda… dan itu hal yang hebat!
Seseorang telah membaca sumber yang sama, meringkasnya dan memasukkannya ke dalam tinjauan literatur mereka. Anda dapat menghemat banyak waktu dengan membaca ulasan literatur. Di sana, Anda akan melihat dengan tepat bagaimana mereka menggunakan sumber-sumber itu dan bagaimana mereka cocok dengan pekerjaan Anda. Konsultasikan dengan sumber asli secara singkat, tetapi sebanyak yang diperlukan untuk mendapatkan ide utama darinya, dan lanjutkan.
Tinjauan literatur tidak akan memakan waktu lebih dari seminggu untuk Anda selesaikan jika Anda berencana untuk menyelesaikan tulisan dalam 30 hari, dan itu benar-benar bisa dilakukan.

5. Selesaikan Draf Pertama Cepat

Cara tercepat untuk menyelesaikan tulisan adalah menulis dengan cepat…duh.
Yang saya maksud dengan itu adalah jika Anda mandek dan Anda tidak dapat menyelesaikan paragraf atau ide yang sedang Anda kerjakan, jangan memikirkannya. Lanjutkan ke topik lain dalam tesis Anda dan tulislah.
Kiat paling bermanfaat yang dapat saya bagikan kepada Anda adalah memaksakan diri untuk menulis draf sekolah menengah cepat (draf pertama) dari keseluruhan tesis. Kerjakan semuanya sampai Anda memiliki draf pertama tesis Anda yang telah selesai di tangan Anda.
Ini akan sangat membantu kemajuan Anda karena jika Anda dapat melihat kesimpulan dari tesis Anda, Anda akan lebih memahami bagian mana dari tesis Anda yang perlu dikerjakan, dan bagian mana yang perlu dipotong seluruhnya.
Padahal, menurut saya, itulah satu-satunya cara untuk mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan tesis Anda. Saya mengatakan ini karena bayangkan jika Anda telah menghabiskan puluhan jam memperbaiki sebuah paragraf hanya untuk kemudian menemukan (atau diberi tahu oleh penasihat Anda) bahwa Anda benar-benar tidak membutuhkannya.
Biarkan saya memberitahu Anda, itu sangat menyebalkan!

6. Artikel Jurnal Adalah Sahabat Terbaik Anda

Artikel jurnal biasanya panjangnya kurang dari 25 halaman dan terkadang bahkan kurang dari 15 halaman. Bagian terbaik tentang mereka: mereka ringkas. Anda cukup banyak membaca abstraknya dan Anda akan tahu persis apa argumen utama dan strategi makalahnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencari bukti di koran itu sendiri. Anda tidak perlu waktu lebih dari 3 jam untuk mengeluarkan informasi ini dari koran. Dan ketika Anda mahir dalam hal ini, Anda akan membutuhkan waktu kurang dari 3 jam.

Selain itu, artikel jurnal adalah cara yang bagus untuk membantu memposisikan tesis Anda dalam literatur tentang topik tersebut, dan Anda akan memiliki tujuan yang lebih jelas saat Anda melakukannya.

Baca Juga : Apa Itu SOC Analyst Dan Bagaimana Cara Menjadi SOC Analyst

7. Tulis (Tesis Anda) Di Mana Saja

Jika Anda telah mengikuti blog saya, maka Anda tahu bahwa saya menggunakan waktu luang secara efektif.
Rencanakan untuk membaca atau menulis di mana saja : apakah Anda sedang menunggu teman, menunggu bus, atau makan siang. Ini akan membantu Anda mengatasi apa yang saya sebut di tempat lain sebagai “defisit keakraban”. Baca posting itu di sini . Jangan meremehkan nilai waktu itu. Ini akan memberi Anda awal yang sangat dibutuhkan ketika saatnya untuk duduk dan mengerjakan bab yang relevan dalam tesis Anda.
Kunci untuk menyelesaikan tesis Anda dalam 30 hari adalah terus menulis meskipun Anda merasa tidak banyak yang ingin Anda katakan. Itu akan datang kepada Anda, jangan menyerah terlalu cepat.
Jika Anda mengalami beberapa hambatan mental dan Anda berurusan dengan penundaan, bacalah artikel ini dengan cepat untuk membantu Anda mengatasi penundaan dan mengambil tindakan.

8. Tip Bonus – Bergabunglah dengan Komunitas Penulisan Online

Ya. Bergabunglah dengan komunitas penulisan online. Mereka gratis dan Anda akan mendapat banyak dukungan dari orang-orang yang mengalami hal yang sama. Coba Pinished . Saya telah menggunakannya ketika saya menulis tesis pertama saya dan itu banyak membantu saya.
Saya perlu mengingatkan bahwa mudah untuk menghabiskan banyak waktu membaca Phinished apa yang orang lain katakan. Anda mungkin menemukan diri Anda membaca halaman demi halaman tentang tantangan yang dialami orang lain: termasuk apa yang mereka lakukan untuk melewati proses, dan seberapa jauh mereka dalam penulisan tesis mereka.

9 thoughts on “8 Tips Menulis Tesis dalam 30 Hari

  1. You’re so awesome! I don’t believe I have read a single thing like that before. So great to find someone with some original thoughts on this topic. Really.. thank you for starting this up. This website is something that is needed on the internet, someone with a little originality!

  2. naturally like your web site however you need to take a look at the spelling on several of your posts. A number of them are rife with spelling problems and I find it very bothersome to tell the truth on the other hand I will surely come again again.

  3. Я очень доволен, что прочитал эту статью. Она оказалась настоящим открытием для меня. Информация была представлена в увлекательной и понятной форме, и я получил много новых знаний. Спасибо автору за такое удивительное чтение!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *