Hai Campuspedia Friends! Wah, tak terasa ya, sebentar lagi kamu akan merubah status dari siswa menjadi mahasiswa. Hal terpenting sebelum kamu berkuliah adalah mengenali apa itu fakultas, jurusan kuliah, dan juga prodi di perguruan tinggi yang menjadi targetmu, ya!

Kamu pasti juga sudah menyadari bahwa dunia kampus memiliki banyak perbedaan dengan dunia sekolah yang membuatmu harus beradaptasi. Di mana kalau di sekolah jumlah siswa di kelas hanya mencapai sekitar 30-35 orang, berbeda dengan di kampus yang dapat mencapai 40-50 orang, lho!

Selain itu, teman-teman yang akan kamu kenal nantinya juga berasal dari berbagai daerah dengan latar belakang yang sangat beragam. Hal ini pastinya akan membuat wawasan dan lingkup pertemanan yang kamu miliki jadi lebih luas lagi.

Nah, berbicara dengan dunia kampus pastinya tidak akan jauh dengan beberapa istilah khas dunia perkuliahan nih, C-friends! Misalnya seperti apa itu fakultas, jurusan kuliah, dan juga prodi yang tersedia. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, disimak!

Baca juga: 

Fakultas di Perguruan Tinggi itu Bagaimana?

Fakultas di Perguruan Tinggi itu Bagaimana?

Bagi C-friends yang belum tahu, istilah fakultas sebenarnya berasal dari serapan Bahasa Belanda, yaitu faculteit. Istilah tersebut bermakna sebagai bagian dari administratif di sebuah perguruan tinggi yang menaungi beberapa jurusan/program studi.

Umumnya, pada sebuah universitas terdapat beberapa fakultas yang terbagi rata sesuai bidangnya. Selain itu, C-friends juga perlu tahu nih pimpinan tertinggi fakultas dikenal dengan nama dekan yang biasanya dipilih melalui rapat senat fakultas.

Setelah resmi diangkat, yang bersangkutan nantinya akan menjadi penanggung jawab dari berbagai aktivitas akademik yang berada di lingkungan fakultasnya. Dalam menjalankan kewenangannya, seorang dekan biasanya akan didampingi oleh 3 orang wakil atau pembantu dekan.

Nah, berikut ada beberapa contoh macam-macam fakultas dan jurusan kuliah yang tersedia di dalamnya:

1. Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran

Pastinya C-friends sudah tak asing lagi dengan betapa ketatnya persaingan agar dapat diterima di fakultas yang satu ini, bukan? Jurusan kuliah untuk program Strata 1 yang tersedia di fakultas ini umumnya hanya jurusan Pendidikan Dokter. Sementara itu, agar dapat mengambil gelar spesialis, C-friends harus melanjutkan studi ke jenjang S2 sampai S3, ya!

2. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik

Bagaimana dengan fakultas yang satu ini nih, C-friends? Fakultas teknik memang cukup populer di kalangan mahasiswa Indonesia. Hal ini akhirnya membuat tingkat persaingan untuk mendapatkan fakultas ini juga ikut meningkat, lho!

Beberapa jurusan yang dapat kamu pilih di fakultas ini yaitu sebagai berikut:

  • Teknik Elektro
  • Teknik Informatika
  • Teknik Sipil
  • Teknik Kelautan
  • Teknik Fisika
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Mesin, dan lain sebagainya.

Selain contoh fakultas-fakultas itu, sebenarnya masih ada banyak macam fakultas lain yang terdapat di perguruan tinggi Indonesia nih, C-friends! Yuk, rajin-rajin update informasi agar kamu tidak salah langkah.

Baca juga: 

Kenalilah Jurusan Kuliah yang Kamu Inginkan agar Tidak Salah Langkah

 Kenalilah Jurusan Kuliah yang Kamu Inginkan agar Tidak Salah Langkah

Setelah mengenali definisi fakultas, C-friends juga harus mengetahu nih apa makna yang sebenarnya dari jurusan kuliah. Bagi C-friends yang belum tahu, jurusan itu merupakan bagian dari fakultas yang menjadi fokus bidang studi yang ditekuni mahasiswa.

Secara umum, dalam satu fakultas biasanya terdapat lebih dari satu jurusan dengan mata kuliah yang berbeda-beda. Misalnya saja seperti Fakultas Sastra yang membawahi jurusan Sastra Belanda dan Sastra Inggris.

Pastinya, mata kuliah yang disajikan pada jurusan Sastra Belanda akan berbeda jauh dengan yang ada di jurusan Sastra Inggris, bukan? Meskipun kedua jurusan ini berada pada fakultas yang sama.

Namun, perlu diketahui kalau yang dimaksud di sini itu mata kuliah keilmuan dan keterampilan yang dikhususkan untuk jurusan tertentu ya, C-friends! Bukan mata kuliah wajib seperti Agama, Pancasila, dan sebagainya.

Jurusan Kuliah yang Menjadi Idaman Calon Mahasiswa di Tahun 2020

Jurusan Kuliah yang Menjadi Idaman Calon Mahasiswa di Tahun 2020

Pada dasarnya, sebenarnya semua jurusan yang ada di berbagai perguruan tinggi bagus bergantung dari yang bersangkutan serius atau tidak menekuninya. Meskipun demikian, ternyata proses seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggerakan setiap tahun selalu memunculkan jurusan yang menjadi favorit banyak orang, lho!

Misalnya saja pada tahun 2020 yang ternyata tren jurusannya hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya nih, C-friends! Di mana ternyata jurusan kedokteran dan teknologi informasi yang termasuk ke dalam kelompok Sains dan Teknologi masih menjadi primadona banyak calon mahasiswa.

Selain itu, jurusan kuliah di bidang teknik seperti Teknik Elektro, Teknik Industri, dan Teknik Sipil juga banyak diminati karena prospek kerja yang menjanjikan. Hal tersebut juga sejalan dengan tujuan Indonesia sekarang yang sedang berfokus pada pembangunan, lho!

Sedangkan pada kelompok Sosial dan Humaniora, terdapat jurusan Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen yang memiliki banyak peminat nih, C-friends!

Setelah itu, pada kelompok bidang Sosial dan Ilmu Politik juga terdapat jurusan kuliah yang digemari oleh banyak calon mahasiswa, lho! Jurusan tersebut antara lain seperti jurusan Psikologi, Komunikasi, dan jurusan lain yang ada di Fakultas Hukum.

Baca juga:

Terakhir, Ketahuilah Prodi yang Akan Kamu Pilih Nanti!

Terakhir, Ketahuilah Prodi yang Akan Kamu Pilih Nanti!

Mungkin kebanyakan dari C-friends masih banyak yang masih belum paham perbedaan antara jurusan kuliah dengan program studi. Jika dilihat dari segi administrative, program studi merupakan patokan proses pendidikan secara akademik yang disajikan sesuai dengan kurikul yang ditetapkan.

Tujuannya sendiri berfokus untuk mencetak mahasiswa yang menguasai suatu bidang pengetahuan sesuai degan target kurikulum. Misalnya saja seperti Fakultas Sastra yang ada di sebuah perguruan tinggi di dalamnya terdapat jurusan Bahasa Inggris.

Jurusan Bahasa Inggris itu menawarkan dua jenis program studi, yaitu prodi Sastra Inggris dan prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Dalam hal ini, mahasiswa dibebaskan memilih prodi sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

Secara spesifik, pembelajaran yang ada di prodi Pendidikan Bahasa Inggris bertujuan untuk membentuk mahasiswa menjadi tenaga pengajar atau guru Bahasa Inggris.

Jadi, selain mempelajari keterampilan keilmuannya, para mahasiswa yang memilih prodi ini nantinya juga akan belajar mengenai ilmu pendidikan. Misalnya seperti psikologi pendidikan, pengelolaan kelas, media pengajaran, dan lain sebagainya.

Sementara itu, berbeda dengan prodi Sastra Inggris yang nantinya akan lebih banyak mendalami aspek sastra linguistik, dan beberapa kebudayaan yang berkaitan dengan bahasa asing tersebut.

Beberapa pilihan karier bagi kamu lulusan Sastra Inggris antara lain seperti menjadi penerjemah tulisan dan lisan, staf pada perusahaan ekspor impor, staf konsulat dan kedutaan, dan lain sebagainya.

Kira-kira kapan ya mahasiswa dapat memilih program studi? Hal tersebut sebenarnya tergantung dari ketentuan masing-masing perguruan tinggi nih, C-friends! Namun, umumnya kamu dapat mulai memilih prodi pada semester 3 atau 4.

Baca juga: 

Yuk, Persiapkan Diri dengan Baik agar Bisa Meraih Perguruan Tinggi yang Kamu Inginkan

Yuk, Persiapkan Diri dengan Baik agar Bisa Meraih Perguruan Tinggi yang Kamu Inginkan

Dalam memilih jurusan dan program studi yang tepat, alangkah baiknya kamu menyesuaikan dengan minat dan cita-cita yang kamu miliki ya, C-friends! Bagi kamu yang masih memiliki waktu sebelum memasuki dunia perkuliahan, sebaiknya mulailah untuk memikirkan pilihan jurusanmu, ya!

Setelah mengambil keputusan, pastinya kamu akan lebih mudah menyusun rencana dan persiapan yang harus kamu lakukan agar dapat diterima di jurusan yang kamu inginkan. Misalnya saja seperti mengikuti bimbel agar dapat belajar materi lebih dalam dengan guru yang sudah berpengalaman.

Selain itu, C-friends juga perlu memperhitungkan biaya yang akan kamu butuhkan untuk menjalani perkuliahan di jurusan dan perguruan tinggi yang kamu inginkan, ya! Hal ini disebabkan karena faktor biaya merupakan salah satu masalah yang paling umum dialami oleh para mahasiswa.

Nah, jadi bagaimana? Apakah C-friends sudah mengerti perbedaan dari fakultas, jurusan kuliah, dan program studi di perguruan tinggi? Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak ketinggalan informasi seputar kampus, karier, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya ya, ­Campuspedia friends!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *