Hallo calon mahasiswa! Setelah tahun lalu kamu harus menunda keinginan untuk kuliah di STAN, tahun ini STAN kembali menerima mahasiswa baru lho. Yuk simak pilihan jurusan di STAN yang bisa kamu ambil. 

Diploma I (D1) 

  1. Pajak 
  2. Kebendaharaan negara
  3. Kepabeanan dan cukai 

Diploma III (D3) 

  1. Akuntansi 
  2. Penilaian (pajak bumi dan bangunan)
  3. Pajak
  4. Kebendaharaan negara
  5. Manajemen aset
  6. Kepabeanan dan cukai 

Diploma IV (D4) 

  1. Akuntansi 

Program studi non reguler 

  1. Diploma III Pajak (menggunakan kurikulum khusus)
  2. Diploma III Akuntansi (menggunakan kurikulum khusus)
  3. Diploma IV Akuntansi (tugas belajar) 

Keunggulan Jurusan di PKN STAN dan Kuliahnya

Masih kurang berminat untuk kuliah di STAN? Dengan sejumlah jurusan di STAN  tentang keuangan yakin tidak ada yang menarik minatmu? 

Nah mungkin kamu mesti mengenali terlebih dahulu keunggulan dari PKN STAN. Berikut ini merupakan beberapa keunggulan dari PKN STAN dibandingkan dengan kuliah di kampus non-kedinasan yang perlu kamu ketahui. 

  • Kuliah gratis 

Selama kuliah di PKN STAN dalam jurusan apapun baik D-I dan D-III kamu tidak akan dipungut biaya kuliah sampai lulus. 

Selain itu, ketika kamu sudah menjadi mahasiswa PKN STAN maka kamu akan mendapatkan uang saku yang lumayan besar. 

Menarik kan? 

  • Karir terjamin & Langsung Kerja 

Setelah menjadi lulusan PKN STAN kamu akan ditempatkan sesuai bidang keahlian masing-masing spesialisasi di bawah lembaga kementerian keuangan maupun instansi pemerintah lainnya. 

Selain itu, kamu akan mendapatkan gaji dan tunjangan yang lumayan besar serta akan menjadi CPNS. 

Kriteria Peserta STAN 

Menentukan jurusan di STAN sudah, kini kamu perlu tahu kriteria untuk mendaftar STAN. Apa saja kebutuhan untuk kriteria dari setiap spesialisasi untuk para calon peserta? 

Kriteria dari calon peserta SPMB STAN terbagi menjadi 2 yakni Program Reguler dan Program Afirmasi. 

Program Reguler merupakan program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh kawasan Indonesia untuk mengisi formasi dari pegawai Kemenkeu dan Instansi Pemerintah lainnya. 

Sedangkan Program Afirmasi merupakan program penerimaan mahasiswa baru yang khusus untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur yang bertujuan untuk mengisi formasi pegawai Kemenkeu pada wilayah kerja tersebut. 

Baca juga:

Syarat Pendaftaran STAN 

Ada banyak sekali syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan pendaftaran ke PKN STAN sebagai calon peserta. 

Namun, syarat tersebut bisa dipersiapkan dengan mudah dan cepat. 

Berikut ini merupakan syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum kamu melakukan pendaftaran STAN. 

Lulusan tahun 2019 dan sebelumnya atau calon lulusan tahun 2020 semua sekolah menengah atas atau lulusan yang sederajat. 

Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar 

  • Lulusan tahun 2019 dan sebelumnya, mempunyai nilai rata-rata ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala nilai 100,00 atau 
  • Calon lulusan tahun 2020, mempunyai nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan mempunyai rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00. 

Usia maksimal dan Usia minimal 

  • Usia maksimal pada tanggal 1 September 2020 adalah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 tidak diperkenankan untuk mendaftar. 
  • Usia minimal pada tanggal 1 September 2020 adalah 17 tahun untuk peserta yang memilih Spesialisasi D-I dan usia 15 tahun untuk peserta yang memilih Spesialisasi D-III. 

Sehat jasmani dan kejiwaan, dan bebas dari NAPZA (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria sehat jasmani yakni: 

  • Mampu melihat, berbicara, dan mendengar dengan baik. 
  • Mampu melakukan berbagai tugas seperti mengetik, menganalisis, berdiskusi, dan menyampaikan buah pikiran. 
  • Mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu 

Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan. 

Khusus untuk Spesialisasi Diploma I dan Diploma III Kepabean dan Cukai ditambahkan syarat sebagai berikut: 

  • Jenis kelamin dan tinggi badan: 
  • Spesialisasi D-I (Laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm dan Perempuan dengan tinggi badan minimal 155 cm). 
  • Spesialisasi D-III (Jenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm) 
  • Tidak cacat badan 
  • Tidak buta warna 
  • Untuk pengguna kacamata / lensa kontak minus (rabun jauh) dan / atau plus (rabun dekat) dan / atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal dengan ukuran mencapai 2 dioptri. 

Khusus Program Afirmasi ada beberapa syarat tambahan yakni. 

  • Telah menyelesaikan pendidikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur, dan 
  • Mempunyai garis keturunan orang tua (ayah dan ibu kandung) asli dari provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur. 

Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. 

Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN atau penerimaan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada tahun-tahun sebelumnya. 

Nah itulah jurusan di STAN yang bisa kamu ambil di tahun 2021. Pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik agar bisa lolos seleksi ya!

Jangan lupa untuk follow , , , , , dan  supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *