Cara Membuat Breakout Zoom

Cara Membuat Breakout Zoom

 204,595 total views,  18 views today

Haloo Sobat Teknokrat – Zoom adalah aplikasi konferensi web untuk konferensi video dan/atau audio, dan juga salah satu alat kolaborasi terbaik untuk tim jarak jauh . Aplikasi ini memungkinkan Anda mengadakan rapat tanpa batas, melakukan panggilan telepon tanpa batas, dan merekam panggilan atau rapat Anda .

Salah satu fitur yang kurang dikenal di Zoom yang tidak akan Anda temukan di Microsoft Teams atau Google Meet adalah Zoom Breakout Room. Ruang Breakout berfungsi seperti grup breakout dalam seminar atau lokakarya fisik dengan memungkinkan Anda membagi rapat Zoom menjadi beberapa sesi terpisah.

Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda melalui proses penyiapan Zoom Breakout Room untuk membantu Anda memahami fitur secara keseluruhan.

Apa Itu Ruang Breakout Zoom?

Ruang breakout zoom adalah antarmuka terpisah yang dibuat oleh penyelenggara rapat Zoom secara manual atau otomatis untuk mengakomodasi lebih banyak rapat dalam satu sesi. 

Misalnya, jika Anda mengadakan rapat delegasi nasional di Zoom, Anda dapat membuat Ruang Breakout untuk berbagai provinsi atau kabupaten. Anda dapat memindahkan delegasi ke dalam beberapa grup kecil berdasarkan kabupaten atau provinsi yang mereka wakili.

Tuan rumah rapat dapat membuat hingga 50 sesi breakout di ruang rapat Zoom pusat. Pengguna dapat bergabung dengan rapat Zoom dan Ruang Breakout dari perangkat apa pun yang kompatibel atau platform utama termasuk Windows, Mac, Linux, Android, dan iOS.

Sebelum bergabung dengan ruang kerja kelompok, periksa apakah Anda menggunakan perangkat yang kompatibel dengan perangkat lunak Zoom, dan apakah ruang kerja kelompok diaktifkan di pengaturan Anda.

Cara Mengatur Ruang Zoom Breakout

  1. Untuk memulai ruang Breakout di Zoom, masuk ke Zoom.
login zoom
  1. Klik Pengaturan di bagian Pribadi di panel kiri.
pengaturan
  1. Buka Dalam Rapat (Lanjutan) di bawah tab Rapat di sisi kanan.
setingan brekout
  1. Klik opsi Ruang Breakout dan verifikasi bahwa itu diaktifkan. Jika dinonaktifkan, alihkan sakelar untuk mengaktifkannya.
mengaktifkan breakout
  1. Jika Anda ingin menetapkan peserta terlebih dahulu ke Ruang Breakout, klik kotak centang Izinkan tuan rumah menugaskan peserta ke ruang breakout saat menjadwalkan untuk opsi ini.
izin host
  1. Untuk mengaktifkan Ruang Breakout bagi anggota grup tertentu, masuk ke Zoom sebagai admin dan klik Manajemen Pengguna > Manajemen Grup di menu navigasi.
  2. Klik pada nama Grup lalu ketuk atau klik Pengaturan . Di bawah tab Rapat , verifikasi bahwa opsi Ruang Breakout diaktifkan. Anda juga dapat mengizinkan penyelenggara rapat untuk menetapkan peserta terlebih dahulu ke Ruang Breakout. 

Catatan : Anda dapat mengaktifkan fitur Ruang Breakout untuk penggunaan Anda sendiri, menggunakan langkah yang sama di atas. Namun, jika opsi Ruang Breakout berwarna abu-abu, mungkin dikunci di tingkat Akun atau Grup. Dalam hal ini Anda perlu menghubungi administrator Zoom Anda untuk bantuan lebih lanjut.

Cara Membuat & Mengelola Ruang Zoom Breakout

Setelah opsi Ruang Breakout Zoom diaktifkan, Anda dapat mengelola ruang dan menugaskan peserta terlebih dahulu ke Ruang Breakout.

zoom

Catatan : Hanya penyelenggara rapat Zoom yang dapat menugaskan peserta ke Ruang Breakout. Jika Anda adalah rekan penyelenggara, Anda hanya dapat bergabung dan keluar dari ruang Breakout yang telah ditetapkan tuan rumah untuk Anda. Tuan rumah dapat membuat hingga 50 Ruang Breakout dengan maksimal 200 peserta yang telah ditetapkan sebelumnya ke ruang tersebut.

Namun, jumlah peserta per ruangan terbatas pada kapasitas rapat, jumlah Ruang Breakout yang dibuat, dan jika peserta ditetapkan sebelumnya atau ditetapkan selama rapat.

Cara Membuat Ruang Breakout Zoom Di Ubuntu

  1. Mulai rapat Zoom – instan atau terjadwal – dan klik Ruang Breakout .
memilih menu breakout
  1. Pilih jumlah ruangan yang ingin Anda buat dan bagaimana Anda ingin menetapkan peserta ke ruangan tersebut. Jika Anda memilih untuk menugaskan peserta secara otomatis , Zoom akan membaginya secara merata ke setiap ruangan. Jika Anda memilih cara manual , Anda memiliki kontrol lebih terhadap peserta mana yang ingin Anda masuki ke setiap ruangan.
menentukan jumlah ruangan
  1. Klik Create .
membuat breakout
  1. Ruang Breakout akan dibuat, tetapi tidak akan langsung dimulai. Anda dapat mengelola ruang sebelum dimulai dengan mengklik Pengaturan untuk melihat lebih banyak opsi Ruang Breakout. Pilih opsi yang ingin Anda gunakan untuk Ruang Breakout:
  • Allow participants to chose room
  • Allow participants to return to home main session at any time
  • Automatically move all assigned participants into breakout rooms
  • Auto close braeakout rooms after [] minutes
  • Coundown after closing brekout room
Pengaturan breakout

5. Sesuaikan nama Ruang Breakout kemudian Klik Open All Rooms untuk memulai Ruang Breakout.

nama Ruang Breakout

Selenggarakan Rapat Grup dengan Mudah

Zoom Breakout Room adalah layanan gratis dari Zoom yang berfungsi untuk berbagai kasus penggunaan, terutama jika rapat memiliki banyak peserta. Pertemuan tersebut termasuk kelompok fokus, pertemuan kelas untuk kelas yang berbeda, atau pertemuan departemen.

Sudahkah Anda menyelenggarakan rapat Zoom dan menggunakan fitur Zoom Breakout Room? Bagikan pengalaman Anda di komentar.

15 thoughts on “Cara Membuat Breakout Zoom

  1. Nice post. I was checking constantly this blog and I’m impressed! Extremely useful information specifically the last part 🙂 I care for such information a lot. I was seeking this certain info for a very long time. Thank you and best of luck.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux