Doa Malam Isra Miraj 27 Rajab (Arab, Latin dan Artinya) – Blog Teknokrat
Doa Malam Isra Miraj 27 Rajab (Arab, Latin dan Artinya)

Doa Malam Isra Miraj 27 Rajab (Arab, Latin dan Artinya)

Peristiwa Isra Miraj tidak hanya merupakan momen bersejarah dalam Islam, tetapi juga merupakan kesempatan untuk memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT. Salah satu cara yang bermakna adalah dengan menghadirkan doa-doa khusus pada malam Isra Miraj. Doa yang diucapkan dengan tulus pada malam tersebut tidak hanya menjadi amalan, tetapi juga menghubungkan kita dengan langit ketujuh, mengikuti jejak Rasulullah SAW.

Baca Juga : Maknai Isra Miraj dengan Terus Mendukung Perjuangan Palestina

Syofyan Hadi dalam karyanya memukau kita dengan perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Dalam bukunya, dia mengungkap bagaimana Allah SWT menyampaikan kisah ini melalui beberapa ayat Al-Qur’an.

Dalam surah Al Isra ayat 1, Allah SWT berfirman:

“Subhanalladzi asro bi’abdihi lailan minal masjidil harami ilal masjidil aqsha, alladzi baarokna hawlahu linuriyahu min ayatina, innahu huwas sami’ul bashir.”

Artinya, “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Perjalanan Isra Miraj menjadi momen penting bagi umat Islam karena dari situlah perintah shalat lima waktu menjadi kewajiban bagi umat Muslim.

Terdapat berbagai amalan yang bisa kita lakukan untuk merayakan hari Isra Miraj, namun salah satunya adalah dengan berdoa. Doa ini bukan hanya rangkaian kata-kata belaka, melainkan bentuk pengabdian untuk mencari ridha Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya di dunia ini serta di akhirat kelak.

Syekh Abdurrahman bin Abdussalam as-Syafi’i dalam kitabnya, “Nuzhatul Majalis wa Muntakhabun Nafaiz,” mengungkapkan sebuah doa yang dapat dipanjatkan pada malam Isra Miraj.

Beliau menjelaskan bahwa pada tanggal 27 Rajab, siapa pun yang membaca doa ini dan mengungkapkan hajatnya kepada Allah SWT, akan mendapati bahwa segala keinginannya dikabulkan, urusannya dilancarkan, dan kehidupan batinnya diberkahi di tengah kerasnya dunia ini.

Allah SWT menjanjikan untuk mengabulkan doa hamba-hamba-Nya yang memohon kepada-Nya dengan penuh kesungguhan. Sebagaimana yang disebutkan dalam surah Al-Mu’min ayat 60, “Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.'”

Berdoa di malam hari bukanlah hanya rutinitas semata, melainkan juga menandakan bahwa seorang Muslim memiliki kesabaran dan rasa syukur yang mendalam. Ini didukung oleh hadits yang berasal dari Abi Yahya, Shuhaib bin Sinan RA, di mana Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh mempesona urusan orang yang beriman. Karena semua urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu hanya dimiliki oleh orang-orang yang beriman. Jika dia mendapatkan kebaikan, dia akan bersyukur, (karena) hal itu adalah yang terbaik baginya. Jika ia mendapatkan kesulitan, maka dia bersabar, (karena) dia tahu bahwa hal itu adalah yang terbaik baginya.”

Baca Juga : Mahathir Muhammad Pimpin Penyambutan Peserta PMM Se-Nusantara di Universitas Teknokrat Indonesia

Selain berdoa, seorang Muslim juga bisa melakukan amalan lainnya saat memperingati Isra Miraj, seperti dzikir dan sedekah. Amalan-amalan ini membawa berkah dan manfaat yang besar bagi kehidupan spiritual dan duniawi umat Islam.

Penulis : Oktavia
Sumber : Kampus Swasta Terbaik : Teknokrat

4 thoughts on “Doa Malam Isra Miraj 27 Rajab (Arab, Latin dan Artinya)

  1. I was suggested this web site by my cousin Im not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my trouble You are incredible Thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *