Hallo Campuspedia Friends! Kamu udah nentuin mau jurusan apa belum buat melanjutkan ke perguruan tinggi? Kalau belum Minca mau kenalin jurusan Aktuaria nih. Walaupun terbilang jurusan baru yang dimana mulai dibuka pada tahun 2018, jurusan ini banyak peminatnya lho! Yuk simak fakta menarik dari jurusan aktuaria!

1. Mengenal Jurusan Aktuaria

Jurusan Aktuaria yang bisa disebut juga sebagai Matematika Asuransi ini merupakan jurusan yang mempelajari tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Jadi disini kamu akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan komputasi, akuntansi, hingga manajemen risiko.  Bener-bener gabungan akuntansi sama matematika deh!

2. Jadi salah satu jurusan yang banyak peminatnya

Walaupun baru dibuka tahun 2018, tapi jurusan aktuaria ini banyak peminatnya lho. Kebutuhan para aktuaris di masa sekarang lagi emang dibutuhkan sama masyarakat. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Nonbank Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Anggar B Nuraini menyebutkan kalau Indonesia baru memiliki 602 aktuaris dari kebutuhan 1.100 aktuaris atau separuhnya. Tuh, peluang kerjanya cukup tinggi bukan? Jangan heran kalau jadi jurusan yang peminatnya banyak.

3. Prospek kerja jurusan aktuaria

Jurusan aktuaris akan memiliki keahlian dalam bidang administrasi asuransi serta keahlian dalam profesi perencanaan keuangan. Nantinya kamu akan menjadi spesialis profesi aktuaris. Profesi aktuaris bertugas memprediksi atau mencari suatu keuntungan melalui perhitungan yang tepat sehingga dapat meminimalkan risiko.  Selain itu, profesi ini juga akan membantu perusahaan asuransi dalam menetapkan premi yang harus dibayar.

Kenapa sih aktuaris dibutuhin? Saat ini Pemerintahan melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 71/POJK.05/2016 mewajibkan setiap perusahaan asuransi mempunyai tenaga aktuaris. Makanya bakal banyak nih peluang kerja untuk lulusan aktuaris.

4. Sudah ada banyak kampus yang menyediakan jurusan aktuaria

Melihat adanya peluang untuk profesi aktuaris, mulailah universitas membuka jurusan tersebut. Inilah kampusnya:

  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Gajah Mada
  6. Universitas Padjadjaran
  7. Universitas Katolik Parahyangan
  8. Universitas Pelita Harapan

5. Gajinya besar

Asal kalian tahu aja kalau lulusan aktuaria itu punya gaji yang sangat besar lho. Ini tentunya dikarenakan aktuaris  sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Walaupun begitu, beban kerja di prodi ini juga bisa dibilang sangat besar, makanya perusahaan dan instansi gak tanggung-tanggung untuk memberikan gaji yang sangat besar. Bahkan yang baru lulus saja bisa dapat digaji hingga 10 juta, belum lagi yang sudah senior gajinya dapat mencapai 50 juta per bulan.

6. Ada banyak jenis profesi selain jadi aktuaria

Prospek kerja dari jurusan Aktuaria itu ada banyak macamnya, jadi gak hanya Aktuaris saja. Selain profesi Aktuaris, mahasiswa lulusan aktuaria juga bisa berpeluang sebagai Pemeriksa Klaim dan Asuransi Properti; Penilai, Pemeriksa, dan Penyelidik Klaim Asuransi; Penaksir Asuransi untuk Kerusakan Kendaraan; Agen Penjualan Asuransi; dan Surveyor Risiko Asuransi.

7. Sertifikasinya banyak

Tentunya sertifikasi sangat penting dalam dunia kerja. Banyak perusahaan atau instansi mensyaratkan pelamar untuk mempunyai sertifikat sertifikasi, dengan tujuan bahwa pelamar tersebut telah teruji kemampuannya.

Nah, lulusan Aktuaria nantinya akan memiliki beragam sertifikasi profesi mulai dari Ajun Ahli Asuransi Indonesia Jiwa (AAAIJ) dan Ahli Asuransi Indonesia Jiwa (AAIJ), Ajun Ahli Asuransi Indonesia Kerugian (AAAIK) dan Ahli Asuransi Indonesia Kerugian (AAIK), Associate Societies Actuary Indonesia (ASAI), Certificate in General Insurance (CGI) dan Certificate in Life Insurance (CLI), dan lainnya.

Itulah 7 fakta menarik dari jurusan aktuaria, jadi tertarikkah kamu masuk jurusan ini? angan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *