Hallo Campuspedia Friends! Tak terasa UTBK bakal sebentar lagi nih. Gimana? Udah sampai mana persiapanmu? UTBK jadi hal penting nih para calon-calon mahasiswa yang mengejar PTN dengan jurusan favorit mereka. Nah, gak sedikit orang yang memilih lintas jurusan dari IPA ke IPS, makanya jangan heran kalau persentase pendaftar soshum itu lebih tinggi walaupun siswa SMA IPA lebih banyak. Terus kalau mau lintas jurusan, belajar UTBK mulai dari mana? Disini Minca mau kasih tips & trick belajar UTBK buat kamu yang mau lintas jurusan. Let’s go!

1. Mulai dari detik ini juga

Kalau kamu mau belajar UTBK buat lintas jurusan. Kamu tentunya harus belajar mulai saat ini karena materi soshum itu banyak banget. Beda dengan saintek yang cukup kamu pelajari konsep rumusnya aja, soshum itu butuh pemahaman materi sampai ke detail-detailnya. Contohnya materi sejarah yang bisa aja kamu ditanya soal tahunnya. Soshum itu bukan cuman sekedar hapalan yang bisa dipelajari secara sks, tapi soshum itu punya cabang materi yang bisa nyambung sana-sini. Ingat guys! Ketika kamu berleha-leha saat ini, ada banyak pesaing kamu yang sedang mengorbankan waktunya buat belajar.

2. Coba pelajari TPS dulu

Tips belajar ketika mau lintas jurusan bisa dimulai dari pelajari TPS dulu karena materi soshum itu ada banyak. TPS atau Tes Potensi Skolastik merupakan tes ujian yang pasti kam jalani entah itu pilih soshum atau saintek. Nah biasanya materi yang diujikan berupa penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, memahami bacaan dan menulis. Materi kaya gitu bisa kamu pelajari karena masih berupa basic pengetahuan.

3. Pelajari materi yang bisa kamu kuasai dulu

Kamu tahu sendiri kan kan kalau materi soshum itu seabgreg. Nah, daripada kamu mempelajari semuanya, mending kamu pilih materi beberapa aja. Kamu bisa liat statistik tahun lalu, mana materi soshum yang paling sering ditanyakan. Kamu juga bisa pelajari materi yang sudah kamu kuasai. Hal ini bisa membantu kamu untuk efisiensi waktu sampai hari UTBK. Jadi kalau misalnya kamu sudah mempelajari materi yang sering diujikan dan masih punya waktu, kamu bisa cover dengan pelajari materi lain.

4. Latihan soal dengan pilihan buku yang tepat

Materi udah dipelajari, jangan lupa untuk latihan soal. Tips dari Minca, ketika kamu sudah mempelajari satu bab, kamu bisa latihan soal perbab nya dulu untuk mereview materi bab yang baru kamu pelajari. Kalau kamu sudah mempelajari beberapa bab, bisa tuh langsung coba latihan soal. Sekarang banyak banget kok yang jual kumpulan soal ujian tahun-tahun sebelumnya.

UTBK itu kan menerapkan soal HOTS, jadi ada kalanya soalnya itu butuh penalaran tinggi atau ingatan yang baik untuk soshum. Dengan latihan soal ujian tahun sebelumnya, kamu jadi ada gambaran bentuk soal UTBK nanti sekaligus mereview kembali materi yang telah kamu pelajari.

5. Ikut Tryout

Kalau kamu cuman latihan soal untuk diri sendiri itu gak cukup, jadi kamu perlu ikut tryout. Dari sini kamu bisa melatih mental kamu ketika saat ujian nanti. Kamu juga bisa membandingkan diri kamu dengan pesaing lain karena kalau ikut tryout luar pasti ada sistem perankingan. Ini berguna banget buat mengukur seberapa jauh perkembangan kamu dan juga bisa menentukan rencana selanjutnya untuk lolos SBMPTN.

6. Cari lingkungan yang aman dari toxic

Sering gak sih kamu dapat cibiran tentang anak IPA yang dibilang rebut lahannya IPS? omongan kaya gini jangan didengerin ya. Gak salah kok kalau kamu baru menemukan hal yang kamu inginkan itu sekarang, setiap orang punya waktunya berbeda-beda. Kalau nemu yang kaya gini sih mending langsung jauhin deh!

Soalnya kalau kamu berada di lingkungan toxic, mentalmu bisa jatuh duluan sebelum berperang. Alangkah baiknya kamu bisa mencari teman yang seperjuangan yang bahkan bisa membantu kamu saling sharing soal UTBK.

7. Sangat penting buat bikin jadwal!

Biasanya bagi anak kelas 3 SMA atau yang gap year sambil melakukan hal lain bakal banyak disibukkan sesuatu, seperti anak SMA dengan beberapa ujian untuk lulus sekolah. Makanya penting banget kamu bikin jadwal biar materi UTBK gak keteteran.

Pertama kamu bisa bagi porsi waktu kamu dulu dalam sehari. Apa aja sih yang harus kamu lakukan di hari itu, Kamu bisa memulai dulu sama tugas yang memerlukan deadline paling dekat. Kamu juga perlu pertimbangkan di jam berapa kamu merasa produktifnya, ini membantu kamu buat menyerap materi UTBK lebih cepat lho.

Setelah itu, coba susun materi apa saja yang perlu kamu pelajari. Misalnya di hari Senin kamu mempelajari sejarah. Selasa belajar sosiologi. Terus belajarnya fokus satu bab satu bab ya, biar ingatanmu gak tercampur sama materi lain.

8. Fokus aja belajar soshum

Salah satu tips belajar buat yang lintas jurusan. Ini biasanya jadi dilema para anak IPA yang mau lintas jurusan. Tips dari minca, udah kamu fokus aja belajar soshum. Untuk materi IPA di sekolah kamu, yang penting nilai kamu aman aja deh. Kalau kamu memang punya niat lintas jurusan, kamu gak punya waktu buat belajar materi yag di sekolah kamu. Jadi mendingan kamu cukup kerjakan tugas aja, bisa dibilang kasih usaha seminimal mungkin. Maksudnya daripada kamu habiskan tenaga, pikiran, sama waktu buat materi di sekolah lebih baik kamu habiskan buat belajar UTBK.

9. Pasrahkan diri dengan berdoa

Nasib itu gak ada yang tahu. Sekeras apapun kamu berusaha, peluang masih 50/50. Bukannya Minca mau mematahkan semangat kamu. Ingat ya ada pepatah bilang usaha gak akan mengkhianati hasil. Jadi minca percaya pasti ada hasil yang bisa kamu dapatkan. Untuk itu kamu cukup pasrahkan diri pada Tuhan dan terus berjuang. Semangat!

Itulah 9 tips & trick belajar UTBK buat yang mau lintas jurusan. Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *