Hallo Campuspedia Friends! Kali ini kita bakal bahas lebih jauh tentang jurusan Hubungan Internasional, nih! Pas banget buat kalian yang masih bertanya – tanya apa itu jurusan Hubungan Internasional? Belajarnya apa aja sih? Harus jago bahasa inggris ya? Yuk, simak terus ya!

Sebelumnya, jurusan Hubungan Internasional (HI) adalah jurusan dengan bidang ilmu yang berkaitan erat dengan upaya suatu negara menghadapi tantangan internasional. Kajiannya tuh luas dan gak belajar hubungan antar negara aja.

Nah kali ini, kita bakal ngomongin seputar hal yang sering banget ditanyain tentang jurusan Hubungan Internasional. Mulai dari kajian pembelajarannya, prospek kerjanya, hingga tugas kuliahnya.

Baca Juga:

hubungan antar negaraEmang Cuma Belajar Hubungan Antar Negara Aja?

Tentu saja jawabannya tidak! Memang, dengan mengambil jurusan Hubungan Internasional, kamu pastinya akan belajar hubungan antar negara sebagai fokus utamamu.

Beberapa mata kuliah yang terkesan HI banget itu, yakni: diplomasi publik, teori Hubungan Internasional, Hubungan Internasional di Amerika, Hubungan Internasional di Asia Timur, Hubungan Internasional di Eropa, Hubungan Internasional di Timur Tengah dan Afrika, dan Politik Internasional.

Namun sebenarnya, gak selalu berkaitan dengan hal – hal serius yang berbau politik, lho! Kamu juga akan belajar globalisasi, organisasi internasional, hak asasi manusia, budaya dan bahasa asing, hingga komunikasi internasional.

Apalagi kamu akan merasakan simulasi pertemuan – pertemuan penting di dunia, seperti sidang PBB atau Model United Nations (MUN). Wah pasti makin asik banget kan?

diplomatNanti Pasti Gedenya Pengen Jadi Diplomat Ya?

Idealnya, sebagai lulusan dari jurusan Hubungan Internasional itu menjadi diplomat, sebagai prospek kerja tertinggi. Tapi sebenarnya, banyak juga lho mahasiswa jurusan Hubungan Internasional yang tidak ingin menjadi diplomat.

Hal ini dikarenakan prospek kerja dari jurusan Hubungan Internasional tuh luas banget seluas samudera. Kamu bisa jadi apa saja selama kamu berprestasi dan unggul sebagai lulusan dari jurusan ini nantinya. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang prospek kerjanya.

Beberapa prospek kerja yang bisa kamu ambil nantinya, yakni: diplomat, duta besar, staff kedutaan, international officer, politisi, jurnalis, reporter, penyiar, editor, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

bahasa asing
Brazil Argentina and world flags

Pengen Deh Kuliah Jurusan HI, Tapi Gak Jago Bahasa Inggris…

Ini sering banget menjadi mitos dari jurusan HI. Kamu tidak dituntut untuk jago bahasa Inggris, yang penting kamu mengerti dan mampu memahami kalimat – kalimat dalam bahasa Inggris.

Karena bukan rahasia umum lagi kalau menjadi mahasiswa jurusan HI itu pasti akan sering berkutat dengan literasi berbahasa Inggris. Bahkan gak cuman di HI aja kok, di jurusan lain pun pasti beberapa menggunakan literasi berbahasa Inggris juga.

Nantinya dalam perkuliahan, kamu akan mendapatkan mata kuliah bahasa Inggris juga, khususnya bahasa Inggris Hubungan Internasional. Jadi gak perlu merasa takut dan insecure ya kalau gak jago bahasa Inggris. Kuliah di jurusan ini memungkinkan kamu untuk merasakan atmosfir internasional jadi lama kelamaan kemampuan bahasa Inggrismu juga akan terasah dengan sendirinya, kok!

Baca Juga:

tugas kuliah jurusan hubungan internasionalTugas Kuliahnya Ngapain Aja Sih?

Menjadi anak HI itu identik dengan tugas paper dan critical review. Diantara tugas – tugas yang lainnya, dua tugas itu menjadi yang paling dominan.

Wajar saja karena dengan menjadi anak HI kemampuan analisa dan berpikir kritis kamu akan sangat diasah. Biar memudahkan kamu dalam mengerjakan tugas – tugas seperti itu, kamu harus terbiasa untuk update seputar fenomena – fenomena internasional yang sedang terjadi atau masih hangat diperbincangkan. Selain itu, kamu juga harus mulai membiasakan diri kamu untuk membaca buku dalam bahasa Inggris.

Selain mengerjakan tugas paper dan critical review, ada tugas kelompok seperti presentasi yang tidak jauh berbeda dengan presentasi semasa sekolah. Jadi kamu tidak perlu takut ya dengan tugas – tugas kuliah yang akan kamu kerjakan bila nanti kamu jadi mahasiswa jurusan Hubungan Internasional.

Nah, Campuspedia Friends, sekarang udah tahu kan apa itu jurusan Hubungan Internasional dan dunia perkuliahannya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk lebih mengerti tentang jurusan Hubungan Internasional ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *