Hallo Campuspedia Friends! Tahukah kamu kalau setiap tahunnya pasti ada permasalahan yang sama dimana terdapat konflik batin para siswa memilih jurusannya. “Apakah bisa lintas jurusan di SNMPTN?”. Pertanyaan itu sering banget muncul dan ditanyakan dimana-mana. Minca mau bahas nih bisa gak sih kalau lintas jurusan di SNMPTN.

Apa sih emang yang menyebabkan para siswa mau lintas jurusan di SNMPTN?

Pertanyaan bisakah lintas jurusan pada SNMPTN ini biasanya muncul karena para siswa khususnya dari IPA merasa gak ada yang sreg dari pilihan jurusan saintek yang ada. Banyak juga siswa yang masuk jurusan IPA karena suruhan orang tuanya walaupun dia minatnya di IPS.

Mindset yang tertanam soal jurusan IPA bisa masuk ke semua jurusan memang benar. Siswa IPA biasanya bakal bisa mempelajari bidang IPS karena sudah terlatih kemampuan otaknya gara-gara sulitnya pelajaran IPA. Tapi itu gak sepenuhnya benar. Saat ini PTN lebih memperhitungkan relevansi jurusan untuk ke jenjang selanjutnya

Jadi bisakah SNMPTN lintas jurusan? Jawabannya BISA TAPI TIDAK DISARANKAN.

Baca juga : 

Alasan kenapa SNMPTN lintas jurusan itu gak disarankan

1. Sulit membuat penilaian

Hal yang paling pasti dari penilaian dari SNMPTN itu adalah nilai rata-rata dari rapot. Kita memang gak tahu nih SNMPTN menilai dari keseluruhan rapot atau mata pelajaran yang dibutuhkan aja. Misalnya untuk prodi saintek hanya menilai pelajaran IPA, sedangkan soshum menilai mata pelajaran IPS.

Tentu ini jadi kerugian besar buat yang mau lintas jurusan. Kalau cuman dinilai mata pelajaran yang relevan, yang lintas jurusan mau dinilai apanya?

2. Peluang kesempatannya sangat kecil

Biasanya tiap PTN itu bakal lebih memprioritaskan prodi sesuai jurusannya. Seperti prodi saintek akan memenuhi kuotanya terlebih dahulu untuk jurusan IPA, begitu pun untuk prodi soshum. Makanya peluang kamu buat lolos tuh kecil banget. Jadi daripada bunuh diri, mending kamu ambil bidang jurusan yang sama.

Baca juga : 

Tapi kalau kamu udah memantapkan diri. Minca ada tips yang perlu kamu perhatikan sebelum daftar SNMPTN.

Tips buat lolos SNMPTN bagi yang mau lintas jurusan

1. Nilaimu harus lebih tinggi dari orang kebanyakan

Seperti Minca bilang tadi, kita gak tahu nih bagaimana penilaian SNMPTN sebenarnya. Maka dari itu, untuk amannya, nilamu harus bagus kalau mau lintas jurusan. Kalau bisa diatas rata-rata deh. Nilaimu yang bagus bisa membantu agar penyeleksi melirik kamu.

2. Punya nilai jual diri sendiri

Gak cuman buat yang mau lintas jurusan aja, semua yang mau daftar pun harus punya nilai lebih dari diri mereka. SNMPTN itu gak cuman lihat aspek dari segi nilai rapot. Mereka juga memperhitungkan sertifikat yang kamu sertakan.

Sertifikat itu bisa dibilang sebagai batu loncatan yang bagus agar lolos SNMPTN. Minca punya teman yang lolos SNMPTN dengan lintas jurusan, ini karena dulu dia sering banget menang lomba saat SMA. Jadi kalau kamu punya prestasi apapun jangan lupa sertakan ya!

3. Pastikan jurusan yang kamu mau bisa menerima lintas jurusan

Ada beberapa jurusan yang memperbolehkan lintas jurusan dan yang gak boleh juga. Seperti jurusan kedokteran kan gak mungkin ya dari jurusan IPS karena ini menyangkut nyawa orang. Kamu bisa cek di website Pilih PTN dan prodi yang kamu incar nanti disana bakal ada keterangan syarat SMTA.

tips lolos snmptn
Informasi jurusan Ilmu Hukum UI

4. Cek keketatan jurusan

Selanjutnya kamu harus perhatikan seberapa ketat persaingan dari jurusan yang kamu incar. Di web LTMPT juga tersedia kok data keketatan setiap tahunnya. Cara menghitung keketatan jurusan itu daya tampung/jumlah pendaftar. Makin kecil persentasenya, maka makin sulit buat lolos. Jadi sebaiknya kamu incar jurusan yang persaingan rendah untuk memaksimalkan peluang kamu.

tips lolos snmptn
Sebaran data jurusan Ilmu Hukum UI

5. Cek jejak rekam alumni

PTN juga melihat dari alumni sekolah kamu yang sudah masuk PTN tersebut lho. Ini untuk melihat apakah sekolah kamu layak mendapat kuota dari mereka. Kalau alumnimu punya prestasi bagus, memungkinkan banget buat kamu untuk lolos karena sudah dipercayai sama mereka.

6. Pastikan gak ada teman di sekolahmu yang memilih jurusan sama

Setiap sekolah itu biasanya dikasih jatah kuota untuk tiap jurusan. Jadi kalau bisa jurusan yang kamu mau itu gak diincar sama temanmu yang lain di sekolah yang sama. Kalau kamu nemu yang milih jurusan sama pastinya bakal rebutan dong, apalagi kalau jurusan dia relevan dengan prodi yang mau diambil.

Baca juga : 

Bisa atau gak bisa, keputusan untuk lintas jurusan SNMPTN itu ada di tangan kamu. Kalau kamu berani nekat, kamu harus mengeluarkan effort dan usaha yang maksimal untuk lolos. Apapun keputusanmu, semoga lolos ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *