Campuspedia Friends tentunya sudah pernah mendengar jurusan Bisnis Digital. Jurusan yang baru muncul di Indonesia sejak tahun 2018 ini terdengar sangat kekinian, bukan? Sayangnya, belum banyak yang terlalu kenal dengan jurusan ini.

Namun tenang saja, Minca akan mengajak kamu untuk mengupas tuntas jurusan yang satu ini. Pastikan kamu menyimak sampai akhir, ya!

Apa itu Jurusan Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk bisnis yang berbasis teknologi digital.  Pada dasarnya, ide dari pencetusan program studi ini adalah maraknya perkembangan bisnis digital di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Melihat perkembangan tersebut, jurusan Bisnis Digital hadir sebagai wadah pembelajaran yang lebih serius. 

Startup digital, artificial intelligence, market place, dan big data, merupakan contoh bidang ilmu yang akan banyak dipelajari di jurusan ini. Para mahasiswa akan dipersiapkan untuk menjadi sumber daya manusia (SDM) yang menguasai keempat bidang tersebut. 

Baca juga:

Gambaran Perkuliahan

Berkuliah di jurusan Bisnis Digital tidak hanya mempelajari bisnis atau ekonomi saja, melainkan juga faktor lain yang mempengaruhi jalannya bisnis di bidang digital. Oleh karena itu, mata kuliah di jurusan ini mencakup ranah ilmu lain seperti Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, bahkan Ilmu Hukum. 

Beberapa mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini antara lain business modelling, pengantar ilmu ekonomi (makro dan mikro), cyber security, data mining, dan digital marketing. Selain itu juga ada web design, social media development, dan consumer behaviour analysis. Seru sekali, bukan?

Baca juga:

Prospek Kerja

Mahasiswa jurusan Bisnis Digital diharapkan dapat memiliki sikap inovatif, teliti, cerdas, dan terampil, serta memiliki kemampuan berpikir terbuka (growth mindset). Sehingga lulusan dari jurusan ini dapat memiliki kompetensi diri yang sesuai dengan pilihan karir sebagai berikut:

  • Praktisi di bidang bisnis digital (Entrepreneur Startup dan Startup Consultant)
  • Praktisi di bidang keuangan dan perbankan (BUMN maupun swasta)
  • Data Analyst
  • Data Scientist
  • Ahli Fintech

Perkembangan di Indonesia

Jurusan ini pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2018, melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad). Kemudian di tahun berikutnya, universitas negeri lainnya juga membuka jurusan ini.

Adapun beberapa PTN yang memiliki jurusan Bisnis Digital adalah Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Negeri Makassar (UNM).

Sementara universitas swasta yang memiliki ini diantaranya adalah Universitas Bunda Mulia (UBM), Universitas Bali Internasional (Unbi), Universitas Garut, Institut Sains dan Teknologi (IST) AKPRIND Yogyakarta, dan Masoem University.

Baca juga:

Campuspedia Friends, itulah rangkuman informasi mengenai jurusan Bisnis Digital. Siap menjadi mahasiswa jurusan kekinian ini? Jangan lupa persiapkan diri kamu dengan sebaik mungkin, ya, Good luck!

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di , , , , , dan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *