Hallo Campuspedia Friends! Selamat Merayakan Hari Anak Internasional 2021! Udah kenalan dengan prodi yang dikhususkan untuk anak-anak ini, belom? Yup! Prodi Pendidikan Anak Usia Dini atau biasa dikenal dengan Prodi PG PAUD. 

Dewasa ini, pendidikan PAUD sudah jadi hal wajar bagi anak-anak. Bagi kita kelahiran tahun 2005 ke bawah, taunya masuk PAUD pada usia 4 tahun. Saat ini, bayi berusia 1,5 tahun saja sudah wajar masuk PAUD. Hal itu dikarenakan ilmu pengetahuan yang berkembang, memungkinkan muncul penemuan baru yang mungkin saja menunjukkan bahwa pendidikan sekolah sudah bisa diberikan kepada balita walau dikemas dalam bentuk yang berbeda.

Nah buat kalian yang berminat untuk menjadi pengajar sekolah anak usia dini, simak artikel minca yuk!

 

Baca juga :

Apa Itu Jurusan PG PAUD?

Jurusan PG PAUD (Pendidikan Guru – Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan jurusan yang fokus mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi guru/pengajar pada anak usia dini atau prasekolah kelak.

Apa Saja yang Dipelajari dalam Jurusan PG PAUD?

Di dalamnya kalian akan belajar profil perkembangan anak usia dini baik secara fisik dan psikologis. Kalian juga akan belajar manajemen penyelenggaraan pendidikan PAUD serta pengembangan kurikulumnya. Keterampilan mengajar TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) serta bahasa Inggris pada anak usia dini juga akan diajarkan saat kamu kuliah di prodi ini.

Prospek Kerja Jurusan PG PAUD

  1. Guru PAUD
    Kalian bisa mengajar anak-anak usia dini yang bersekolah di sekolah PAUD atau KB (Kelompok Belajar) yang ada.
  2. Guru TK
    Selain guru PAUD, kamu juga berkesempatan untuk menjadi guru TK (Taman Kanak-Kanak)
  3. Tutor Anak Usia Dini
    Kata siapa hanya siswa sekolah menengah yang butuh tutor. Anak usia dini juga membutuhkan tutor dalam belajar mereka.
  4. Dosen PG PAUD
    Selain mengajar anak usia dini, kamu juga bisa menjadi pengajar untuk penerusmu kelak. Yakni menjadi dosen mahasiswa PG PAUD.
  5. Direktorat PAUD
    Selain mengajar, kamu juga bisa menjadi Direktorat PAUD yang berada pada naungan Kemendikbud (sekarang kemendikbud ristek) dan berkarir sebagai pengambil kebijakan.

 

Baca juga :  

Rekomendasi Kampus Dengan Jurusan PG PAUD Terbaik

  1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  2. Universitas Sriwijaya (UNSRI)
  3. Universitas Negeri Malang (UM)
  4. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  6. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

 

Nah itu tadi informasi tentang Jurusan PG PAUD. Apakah ada dari kalian yang tertarik untuk menjadi guru PAUD di masa depan? 

Sekian dulu dari minca ya! Jangan lupa follow akun minca yang lain mulai dari Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE biar kamu gak ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *