Apakah kamu sedang ingin kuliah di jurusan psikologi? Jika iya, maka ini adalah tempat yang tepat untuk kamu memahami secara lengkap jurusan yang kamu inginkan tersebut. Kita akan membahas secara lengkap informasi dari mulai mata kuliah hingga referensi kampus psikologi di Indonesia. Penasaran? Yuk langsung aja simak artikel di bawah ini.

Apa Itu Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi adalah jurusan yang mempelajari tentang proses mental, berpikir dan  perilaku manusia. Jika kamu suka mengulik tentang pikiran dan perilaku manusia, maka jurusan ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Selama perkuliahan berlangsung, kamu akan menemukan banyak mata kuliah tentang analisis kepribadian manusia dari berbagai sudut pandang teori psikologi.

Baca Juga:

Apa yang Dipelajari Jurusan Psikologi

Kemudian, apa yang akan kamu pelajari selama kuliah? Berikut beberapa mata kuliah yang akan kamu temui selama masa perkuliahan:

  • Psikologi Perkembangan

Mata kuliah ini mempelajari proses perkembangan manusia dari awal lahir hingga lanjut usia. Salah satu hal yang membuat mata kuliah ini menarik adalah, ternyata setiap tahap perkembangan manusia memiliki tugas dan kriteria masing-masing.

  • Psikologi Konseling

Ingin jadi psikolog setelah lulus? Mata kuliah ini akan memberikan bekal untuk kamu menghadapi klien nantinya. Tersedia banyak praktek, mata kuliah ini tidak hanya mengajarkan teori, namun juga praktek yang mudah diaplikasikan.

  • Alat Tes Psikologi

Psikologi tanpa alat tes sudah seperti sayur tanpa garam. Di mata kuliah ini kamu akan mempelajari secara lengkap cara penggunaan tes psikologi, dari bagaimana menyampaikan instruksi sampai dengan proses skoring.

  • Biopsikologi

Biopsikologi adalah mata kuliah dasar yang mengajarkan tentang proses mental dan perilaku manusia dari sudut pandang biologi. Dalam mata kuliah ini akan ada beberapa istilah dunia kedokteran yang perlu kamu pahami.

  • Statistika

Masuk psikologi karena nggak suka matematika? Jangan salah, unsur-unsur matematika tetap ada di jurusan ini. Fokus mata kuliah ini adalah mempelajari ilmu dasar statistika, yang akan bermanfaat untuk penelitian kamu.

  • Kode Etik Psikologi

Eitss kalau kamu bekerja di ranah psikologi, ada beberapa peraturan dasar mengenai profesi yang perlu kamu pahami loh. Misalnya, seorang psikolog tidak boleh memiliki relasi romantis dengan kliennya. Peraturan lainnya juga tersedia lengkap dalam pasal kode etik psikologi Indonesia.

Beberapa mata kuliah lain yang juga ada di jurusan psikologi seperti konstruksi alat ukur, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi organisasi, psikologi kepribadian, observasi dan interview, juga akan kamu pelajari selama kamu berkuliah di jurusan ini.

Baca juga:

Biaya Jurusan Psikologi

Biaya untuk kuliah jurusan psikologi terbilang variatif. Untuk perguruan tinggi negeri, biaya kuliah psikologi mulai dari Rp.500.000-Rp.14.000.000 per semesternya. Biaya ini juga akan tergantung pada tingkatan UKT yang kamu dapatkan. Selanjutnya, untuk universitas swasta biaya kuliah psikologi dapat mencapai kisaran Rp. 20.000.000 ke atas.  Pilih kampus yang sesuai dengan kapasitasmu, setiap kampus tentu akan menyediakan layanan pendidikan yang terbaik bagi mahasiswanya.

Universitas Jurusan Psikologi

Lalu dimana sajakah jurusan ini tersedia? Perlu kamu ketahui, jurusan psikologi telah hadir di berbagai universitas di Indonesia. Dimana saja itu? Berikut beberapa daftar universitas yang membuka program studi psikologi.

Kampus Negeri Jurusan Psikologi

  1. UI (Universitas Indonesia): Depok, Jawa Barat
  2. UGM (Universitas Gajah Mada): Yogyakarta
  3. UNPAD (Universitas Padjajaran): Bandung, Jawa Barat.
  4. UNAIR (Universitas Airlangga): Surabaya, Jawa Timur.
  5. UB (Universitas Brawijaya): Malang, Jawa Timur.
  6. Universitas Sriwijaya: Sumatera Selatan.
  7. UIN Syarif Hidayatullah:Tanggerang Selatan.
  8. UNAND (Universitas Andalas) : Sumatera Barat.
  9. UNDIP (Universitas Diponegoro): Semarang, Jawa Tengah.
  10. Universitas sebelas Maret: Surakarta, Jawa Tengah.

Kampus Swasta Jurusan Psikologi

  1. Universitas Mercu Buana: Yogyakarta.
  2. UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) : Malang, Jawa Timur.
  3. UII (Universitas Islam Indonesia): Yogyakarta.
  4. UBAYA (Universitas Surabaya): Surabaya, Jawa Timur.
  5. Universitas Persada Indonesia YAI: Jakarta.
  6. UC (Universitas Ciputra):  Surabaya, Jawa Timur.
  7. UPH (Universitas Pelita Harapan): Jakarta dan Surabaya.
  8. Universitas Gunadarma: Depok, Jawa Barat.
  9. UNTAR (Universitas Tarumanagara): Jakarta.
  10. Universitas Kristen Maranatha: Bandung, Jawa Barat.

Nah, itu tadi penjelasan lengkap mengenai perkuliahan psikologi. Semoga artikel di atas dapat membantu kamu untuk semakin paham mengenai jurusan ini.  Jika kamu tertarik di jurusan ini, segera siapkan bekal karena pesaingmu akan banyak bertebaran. Tetap semangat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Baca juga:

Biar ga ketinggalan info seputar kampus, yuk follow official Instagram, facebook, twitter, dan LINE Campuspedia!

  • Instagram :
  • Facebook  :
  • Twitter      :
  • Line          : 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *