Kartu Indonesia Sehat (KIS), atau dikenal sebagai Kartu Indonesia Sehat, adalah sebuah program jaminan kesehatan yang memiliki signifikansi besar bagi warga Indonesia yang berpenghasilan rendah dan tidak mampu. Inisiatif ini merupakan langkah strategis dari Pemerintah Indonesia untuk memastikan akses pelayanan kesehatan yang lebih mudah dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga : Mendaftar GoPayLater di Aplikasi Gojek, Ini Dua Skema Penagihannya

Program KIS menyediakan berbagai manfaat tambahan, termasuk layanan preventif, promotif, dan deteksi dini yang dilaksanakan secara menyeluruh dan terintegrasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua peserta mendapatkan perlakuan yang sama di berbagai fasilitas kesehatan, tanpa memandang status sosial mereka.

Untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan Kartu Indonesia Sehat, BPJS Kesehatan menyediakan layanan pendaftaran melalui Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Proses pendaftaran dapat dilakukan secara langsung di kantor BPJS terdekat dengan memenuhi persyaratan berikut:

  1. Keluarga bukan pekerja penerima upah (PBPU).
  2. Seluruh anggota keluarga harus didaftarkan sesuai dengan data yang tertera di kartu keluarga.
  3. Dokumen yang diperlukan meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga, atau surat keterangan domisili, serta pas foto berwarna ukuran 3√ó4 satu lembar.
  4. Calon peserta harus menandatangani surat pernyataan.
  5. Anak angkat dapat didaftarkan dengan menyertakan bukti yang sah dari pengadilan.
  6. Jika calon peserta tidak dapat melakukan pendaftaran sendiri, dapat diwakilkan dengan surat kuasa yang sah.

Proses pengurusan Kartu Indonesia Sehat dapat dilakukan baik secara offline maupun online. Untuk pengurusan secara online, masyarakat dapat mengunduh aplikasi mobile JKN, mengikuti prosedur pendaftaran, dan mengisi data diri dengan lengkap. Setelah proses verifikasi, kartu fisik akan dikirimkan ke alamat masing-masing pendaftar dalam waktu enam hari kerja.

Baca juga : Hak Angket DPR: Pengertian dan Proses Mendapatkannya

Dengan memanfaatkan program KIS ini, masyarakat Indonesia dapat merasakan manfaat besar dalam hal akses dan keberlanjutan pelayanan kesehatan. Program ini mencakup berbagai jenis layanan, termasuk pemeriksaan rutin, biaya persalinan, operasi, serta dukungan untuk pencegahan penyakit kronis. Hal ini merupakan langkah positif menuju peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup yang lebih baik bagi semua pihak yang terlibat.

Penulis : M. Akmal Millatudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *