SMKN TANJUNG SARI BANGGA DENGAN INOVASI DAN KARYA MAHASISWA TEKNOKRAT ACADEMIC EXPO – Blog Teknokrat
SMKN TANJUNG SARI BANGGA DENGAN INOVASI DAN KARYA MAHASISWA TEKNOKRAT ACADEMIC EXPO

SMKN TANJUNG SARI BANGGA DENGAN INOVASI DAN KARYA MAHASISWA TEKNOKRAT ACADEMIC EXPO

Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) sukses menyelenggarakan Pameran Akademik 2024 di Gelanggang Mahasiswa Dr. HM Nasrullah Yusuf kampusnya pada Selasa (30/1/2024). Acara tersebut menjadi panggung inspiratif bagi para mahasiswa, memperlihatkan prestasi dan inovasi terkini di berbagai bidang ilmu. Ekspo ini menonjolkan pencapaian akademis yang gemilang, memberikan wawasan mendalam kepada pengunjung tentang potensi riset dan pengembangan yang dilakukan oleh universitas. Antusiasme peserta mencerminkan semangat eksplorasi intelektual yang terus berkembang di UTI. Keberhasilan acara menciptakan atmosfer edukatif yang menginspirasi, mencerminkan dedikasi UTI untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Pameran di Gelanggang Mahasiswa Universitas Teknokrat memamerkan beragam karya dan inovasi ratusan mahasiswa. Antusiasme pengunjung, khususnya siswa dan guru, terlihat jelas. Uniknya, banyak karya tersebut mencuri perhatian dengan kekreatifan dan keunikan konsepnya. Pameran ini bukan hanya menonjolkan bakat mahasiswa, tetapi juga memberikan inspirasi bagi para pengunjung. Dengan berbagai proyek yang dipajang, seperti penelitian, teknologi, dan desain, acara ini menjadi wahana untuk berbagi ide dan pengetahuan. Semangat inovatif para mahasiswa menciptakan suasana yang penuh semangat, merangsang minat serta memberikan wawasan baru kepada pengunjung.

Pameran Akademik Teknokrat 2024 dibuka oleh Dr. Ir. Hamartoni Ahadis, Kepala Badan Litbang Daerah Lampung. Acara ini dimulai dengan pemukulan gong dan dihadiri oleh Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, Rektor UTI, serta Wakil Rektor UTI, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM.

Sejumlah stan memamerkan kreativitas melalui hasil inovasinya seperti sistem energi ramah lingkungan, instrumentasi kendali canggih, robotika, game edukatif, pengembangan perangkat lunak (web), pengembangan perangkat lunak (mobile), sistem tertanam mutakhir, desain antarmuka dan pengalaman pengguna yang unik, Internet of Things (IoT), serta desain grafis. Terdapat juga pameran Technopreneur, manajemen pemasaran, perpajakan, analisis keuangan, dan bidang lainnya yang menarik.

Baca Juga : SMK Putra Bangsa HADIR MENGIKUTI TEKNOKRAT ACADEMIC EXPO 2024 DAN BANGGA DENGAN INOVASI Market Miniatur Bangunan Teknokra Indonesia

Mahasiswa dari Universitas Teknokrat Indonesia berhasil menciptakan robot listrik yang inovatif. Robot ini dirancang dengan kecerdasan buatan yang memungkinkannya berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sekitarnya. Dibuat dengan teknologi canggih, robot ini memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai tugas rumah tangga secara otomatis, seperti membersihkan dan merapikan ruangan. Keunikan robot ini terletak pada desainnya yang ergonomis dan kemampuan adaptasinya terhadap perubahan lingkungan. Melibatkan konsep teknologi ramah lingkungan, robot listrik ini menjadi langkah maju dalam pengembangan teknologi di kalangan mahasiswa Indonesia, menciptakan solusi inovatif untuk kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Alasan Kamu Harus Kuliah di Universitas Teknokrat Indonesia

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. HM Nasrullah Yusuf SE MBA, melalui perwakilannya, Wakil Rektor Dr. H Mahathir Muhammad SE, MM, mengungkapkan apresiasinya terhadap upaya mahasiswa yang memulai penyelenggaraan expo ini. Mahathir mengakui kebermaknaan Academic Expo dalam mendongkrak publikasi inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa Universitas Teknokrat. Keberadaan acara ini dianggap penting agar masyarakat dapat memahami dan mengapresiasi ragam inovatif yang telah diwujudkan oleh mahasiswa kampus tersebut.

Mahathir menyatakan bahwa UTI memberikan dukungan maksimal untuk program ekonomi hijau dan teknologi ramah lingkungan. Harapannya, semua hasil akademis dapat menciptakan karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut Mahathir, keberlanjutan masa depan perguruan tinggi bergantung pada kemampuan mereka dalam menguasai teknologi. Ia berpendapat bahwa institusi pendidikan yang canggih secara teknologi akan menjadi pilar utama keunggulan di era mendatang. Mahathir menekankan pentingnya adopsi teknologi dalam pembelajaran dan penelitian untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan global. Visi Mahathir ini merangkul konsep pendidikan yang berfokus pada inovasi dan transformasi digital, dengan harapan bahwa kampus yang memimpin dalam bidang teknologi akan menjadi pemimpin masa depan yang membentuk arah perubahan dan kemajuan dalam dunia pendidikan.

Mahathir mengungkapkan harapannya agar inovasi ini dapat terus berkembang dan produknya dapat diproduksi secara besar-besaran di masa mendatang. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas bimbingan dan kerjasama yang telah terjalin dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangda) Lampung.

Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadis, sepenuhnya mendukung inisiatif Universitas Teknokrat. Keistimewaan utama Universitas Teknokrat terletak pada kemampuannya menghasilkan inovasi di setiap mata pelajaran, sebuah ciri khas yang membedakannya dari perguruan tinggi lain.

Penulis : Puput Novita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *