Hallo Campuspedia Friends! Selamat datang di bulan-bulan galau pemilihan jurusan di perguruan tinggi. Walau saat ini mungkin dari kalian banyak yang sudah melaksanakan tes masuk perguruan tinggi, tentunya ada yang masih bimbang memilih jurusan. Atau ada yang sedang mempersiapkan pemilihan cadangan kampus? Jurusan kuliah berikut ini bisa dipertimbangan, terutama untuk kamu yang menyukai pelajaran matematika.

 

Baca juga :

 

MATEMATIKA (Murni, Terapan, dan Pendidikan)

Yup! Tentunya ini menjadi salah satu pilihan pertama bagi kalian yang mencari jurusan dengan fokus matematika. Tapi kalian tau nggak? Kalau jurusan matematika sendiri masih dibagi menjadi jurusan matematika (murni dan terapan) serta pendidikan matematika (guru matematika). Pilihan selanjutnya menurut bagaimana kamu ingin berkarir nantinya.

Statistika

Dalam prodi statistika, kalian akan belajar bagaimana mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data. Statistika relevan dalam berbagai konteks, sehingga jurusan statistika dapat memiliki pengembangan karir di bidang lain, seperti pemerintahan, perbankan, atau keuangan.

Ilmu Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Selain tentang perkiraan cuaca dan sebab-sebab terbentuknya, ilmu ini juga mempelajari tentang perubahan iklim dan kaitannya dengan kelangsungan hidup manusia. Akan sangat dibutuhkan ilmu matematika untuk perhitungan perkiraan cuaca dan ilmu fisika di dalamnya.

Di Indonesia sendiri, terdapat sekolah kedinasan dengan naungan langsung BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) yakni  yang terletak di Provinsi Banten.

 

Baca juga :

 

Selain sekolah kedinasan, beberapa kampus negeri juga menyediakan prodi atau jurusan ini, contohnya IPB dan ITB.

Aktuaria

Aktuaria adalah bidang ilmu yang menerapkan metode matematika dan statistika untuk mengukur risiko asuransi, produk-produk keuangan, serta industri atau profesi lain. Secara lebih umum, aktuaris menerapkan matematika yang ketat untuk memodelkan masalah ketidakpastian.

Walau sering disebut sebagai “Matematika Asuransi”, namun jurusan ini berada  dalam naungan FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) yakni kelompok SAINTEK.

Profil lulusan aktuaria ini bisa menjadi penilai, pemeriksa, dan penyelidik klaim asuransi; penaksir asuransi untuk kerusakan kendaraan; agen penjualan asuransi; hingga surveyor risiko asuransi.

Ilmu Komputer

Computer Science atau di Indonesia lebih akrab disapa dengan ilmu komputer merupakan prodi yang mempelajari seluk beluk komputer. Baik dalam hardware atau software nya. Dalam prodi ini kalian akan mempelajari teori dan bahasa automata, rekayasa software, sistem pemrograman, sistem digital, sistem jaringan cerdas, data science and analytics, analisis numerik, desain, analisis algoritma, dan masih banyak lagi. Tentu saja jurusan ini sangat cocok untuk kamu terutama yang senang bekerja dengan angka.

Teknik Informatika

Program studi yang satu ini kian diminati banyak calon mahasiswa di seluruh penjuru negeri. Prodi ini dikenal dengan pelajaran ngoding nya dan semakin terkenal sejak munculnya K-Drama “Start-Up” kemarin dengan karakter Nam Do-san beserta bahasa pemrogramannya.

 

Baca juga :

 

Dalam prodi teknik informatika kalian akan banyak mempelajari tentang operasi aljabar, boolean, teori graf, matematika diskrit, logika simbolik, peluang hingga statistika. Teknik Informatika berkisar dari dasar-dasar perangkat keras komputer hingga hubungan kompleks antara manusia dan komputer.

Teknik Dirgantara 

Dari namanya saja Campuspedia Friends sudah pasti bisa menebak tentang apa jurusan ini. Apalagi dengan sosok mantan presiden Indonesia dengan prestasi tentang kedirgantaraan yang pernah diraihnya, yakni BJ Habibie.

Dalam prodi ini, kalian akan belajar cara merancang, membuat, serta mengoperasikan pesawat. Baik itu pesawat komersial, luar angkasa, satelit, hingga roket.

 

Nah itu rekomendasi minca untuk jurusan-jurusan buat kamu yang matematika banget. Tentunya masih banyak lagi prodi di luar sana yang cocok untuk kamu pecinta matematika. Apalagi jika prodi-prodi dalam matematika terapan dijabarkan, maka kalian akan bertemu saudara matematika dalam ranah SOSHUM seperti akuntansi dan ekonomi.

Bukan lain, hal ini dikarenakan matematika adalah ilmu dasar yang semua aspek kehidupan pasti akan memanfaatkannya. Baik untuk membuat teknologi baru, ataupun pembentukan cara berpikir.

 

Sekian dulu dari minca ya, Campuspedia Friends! Jangan lupa follow akun minca yang lain mulai dari , , , , , dan biar kamu gak ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *