Halo Campuspedia Friends! Masih ngomongin soal persiapan kuliah nih, kali ini kita bakal bahas deretan jurusan kuliah termahal yang ada di Indonesia.

Baca Juga:

Sebenarnya, kesempatan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi itu bisa didapatkan oleh siapa saja. Terutama karena jaman sekarang sudah banyak beasiswa yang beredar. Namun, baik kamu kuliah di PTN ataupun PTS, sebenarnya biaya yang dikeluarkan tetaplah tidak sedikit.

Nah kali ini kita bakal ngulik beberapa jurusan kuliah yang dikenal paling mahal atau ‘jurusan sultan’ yang ada di Indonesia. Kira-kira ada jurusanmu gak?

jurusan kedokteranJurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran memang sudah bukan rahasia umum lagi kalau dinobatkan sebagai salah satu jurusan termahal dan tersulit di Indonesia atau bahkan dunia. Karena yang pertama, jurusan ini tidak pernah sepi peminat walaupun masuknya sulit. Kedua, sekali masuk kedokteran, selain siap secara mental kamu juga harus siap secara finansial.

Baik kamu kuliah di jurusan kedokteran PTN ataupun PTS, harus siap dengan biaya besar yang harus dikeluarkan selama menempuh studi ini. Beberapa diantaranya adalah alat pembelajaran dan praktikum, seperti buku dan bahan penunjang akademik lainnya. Jadi kalau dihitung, biaya yang harus disiapkan untuk dapat menyelesaikan studi di jurusan kedokteran bisa mencapai Rp 200 juta hingga Rp 500 juta tergantung pada tiap kampus.

jurusan penerbangan jurusan mahalJurusan Penerbangan

Selain dokter, menjadi pilot sepertinya termasuk salah satu cita-cita paling populer waktu kecil juga ya, Campuspedia Friends!

Jadi pilot memang tak kalah keren, tapi untuk menjadi salah satunya terdapat pengorbanan yang besar salah satunya dalam bentuk finansial. Alasannya, karena biaya studi di jurusan penerbangan atau aviasi berkisar antara Rp 500 juta hingga Rp 800 juta, bahkan bisa sampai Rp 1 miliar.

Lha kok mahal amat?? Sebenarnya dibalik fantastisnya biaya kuliah tersebut, ada alasan logisnya lho, Campuspedia Friends! Selama kamu menempuh studi di jurusan penerbangan, kamu akan belajar dengan menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan tenaga pengajar berlisensi. Tentu saja untuk mendapatkan hal tersebut ada pengorbanan finansial yang harus kamu siapkan.

jurusan arsitektur jurusan termahalJurusan Arsitektur

Sekarang kita sudah mulai masuk ke ranah seni dan desain nih, Campuspedia Friends! Jurusan yang berkutat di ranah seni dan desain memang sudah dipastikan menjadi jurusan kuliah yang mahal. Salah satunya adalah jurusan arsitektur.

Baca Juga:

Jangan kira kuliah di jurusan arsitektur cuman modal kertas, pensil, dan peralatan menggambar basic saja ya. Faktanya untuk kuliah disini ada banyak sekali peralatan yang harus bisa kamu siapkan untuk menunjang pendidikan kamu.

Kuliah di jurusan arsitektur tidak bisa memakai alat tulis sembarangan. Ada beberapa diantaranya yang bahkan harus memakan biaya yang besar untuk mendapatkannya. Tapi itu baru dari segi alat gambar. Kamu juga harus menyiapkan laptop dengan spefisikasi yang mumpuni karena akan akrab dengan proses rendering tiga dimensi.

jurusan dkvJurusan DKV

Jurusan ranah seni dan design yang pantas mendapatkan predikat jurusan paling mahal selanjutnya adalah DKV atau Desain Komunikasi Visual.

Banyak yang mengira bahwa kuliah di jurusan ini akan lebih banyak menggambar di laptop saja. Padahal sebenarnya tidak lho, karena kamu juga akan membutuhkan peralatan gambar lainnya seperti: kertas gambar, buku sketsa, alat tulis, pewarna, dan sebagainya. Bahkan laptop yang kamu gunakan pun harus memiliki spesifikasi yang mumpuni yang pastinya harganya gak kaleng-kaleng.

Sebenarnya pun kuliah di jurusan ini tidak begitu mahal, namun peralatan penunjangnya itu lah yang membuat jurusan ini masuk kedalam kelompok jurusan mahal.

fashion design jurusan paling mahalJurusan Fashion Design

Bagi orang umum, pandangan mereka untuk jurusan Fashion Design tuh terkesan elit dan mewah. Pandangan mereka benar adanya. Sering disebut dengan ‘jurusan orang kaya’, faktanya untuk menyelesaikan studi di jurusan Fashion Design membutuhkan biaya yang fantastis.

Baca Juga:

Jurusan high-end yang satu ini memerlukan biaya yang berkisar antara Rp 100 juta hingga Rp 500 juta. Namun banyak juga yang bisa mencapai Rp 10 hingga 50 miliar tergantung kampusnya. Biayanya yang terkesan mahal dan mampu untuk dipakai mencicil rumah tersebut tentu saja karena selama kamu kuliah, ada biaya bahan praktikum dan biaya untuk mengikuti fashion show yang harus kamu tanggung. Jadi untuk bisa menyelesaikan studi di jurusan fashion design memang harus dipikirkan matang-matang ya.

Nah itu dia, Campuspedia Friends beberapa jurusan kuliah termahal yang ada di Indonesia. Walaupun biaya yang harus dikeluarkan pada jurusan-jurusan tersebut terbilang fantastis, namun ingat terus pepatah banyak jalan menuju Roma. Selama kamu niat, pasti akan selalu ada jalan, salah satunya jurus meminjam alat praktek ke sesepuh alias kating, bukan?

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *