Hallo Campuspedia Chingu! Sebelumnya minca mau tanya nih, siapa yang sudah tahu tentang jurusan teknik? Kalau jurusan Teknik Geofisika teman-teman sudah familiar belum ya? Jika belum yuk simak informasi yang akan minca kasih dibawah ini.

Teman-teman yang sudah berkuliah pasti familiar nih dengan jurusan yang ada di universitas. Salah satu jurusan yang banyak membuat orang penasaran adalah Teknik Geofisika. Teknik Geofisika merupakan bidang yang mempelajari ilmu-ilmu kebumian dan struktur di bawah permukaan bumi. 

Seperti namanya Teknik Geofisika merupakan ilmu yang menggabungkan prinsip ilmu Fisika dengan Geologi. Namun saat ini Teknik Geofisika juga menerapkan ilmu-ilmu teknologi seperti Python dan Bahasa pemrograman lainnya dalam pembelajarannya.

Baca juga:

Nah chingu pasti penasaran kan, bagaimana prospek kerja dari jurusan Teknik Geofisika ini. Di sini minca akan informasikan satu per satu ya chingu.

Badan Meteorologi Klimatologi & Geofisika (BMKG) – Seismologi

Teknik Geofisika

Yang pertama chingu bisa berkesempatan bekerja di BMKG loh. Seperti yang kita semua ketahui BMKG merupakan sebuah badan pemerintahan yang menangani masalah kegempaan, prakiraan cuaca, dan iklim serta kualitas udara. Sesuai dengan namanya Teknik Geofisika akan menangani masalah kegempaan dengan ilmu seismologi dan seismik. Tidak hanya gempa, Teknik Geofisika juga akan menganalisis permasalahan seputar tsunami dengan instrumentasi khusus geofisika.

Baca juga:  

Oil Company – Seismik & Reservoir

Teknik Geofisika

Selanjutnya kalian juga akan berkesempatan untuk bekerja di Oil Company. Contohnya Pertamina, ExxonMobil, Chevron, ConocoPhillips, dan lainnya. Jika kalian bercita-cita untuk bisa bekerja di salah satu Oil Company, cobalah untuk masuk jurusan Teknik Geofisika. Ilmu yang diterapkan ialah Seismik dan Reservoir untuk melihat dan memperkirakan struktur bawah permukaan. Selain itu bahasa pemrograman yang telah dipelajari juga akan menambah nilai tambah untuk dapat diterima di Oil Company.

Mining & Geothermal Company – Gravity & Magnetik

Teknik Geofisika

Last but not least, Mining and Geothermal Company. Dunia pertambangan dan geothermal atau panas bumi juga merupakan prospek kerja yang menjanjikan. Ilmu yang diterapkan untuk kedua prospek kerja ini ialah Gravity & Magnetik. Gravity & Magnetik akan memperlihatkan struktur bawah permukaan dengan membedakan nilai variasi rapat masa batuan dan variasi medan magnetik suatu benda.

Baca juga:

Gimana nih chingu bagus-bagus kan prospek kerja dari jurusan Teknik Geofisika ini. Sekarang pasti teman-teman penasaran nih 

“Universitas mana aja sih minca yang ada jurusan Teknik Geofisika atau Geofisika” 

“Kasih tau dong minca biar kita bisa langsung cari infonya”

Oke chingu minca akan kasih tau nih beberapa Universitas yang menyediakan jurusan Teknik Geofisika ya.

  1. UI
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  4. Universitas Padjajaran
  5. Universitas Pertamina
  6. STMKG
  7. UPN Veteran Yogyakarta
  8. UGM
  9. Universitas Diponegoro
  10. Universitas Brawijaya
  11. Unila

Itu dia informasi seputar apa yang dipelajari, prospek kerja, dan hingga Universitas dari jurusan Teknik Geofisika. Gimana nih chingu keren banget kan! Apapun jurusannya jangan lupa Campuspedia Chingu harus menekuninya dengan serius ya. Agar ilmu yang didapat bermanfaat nantinya. Share info ini ke teman-temanmu supaya kalian sama-sama dapat informasi seputar jurusan Teknik Geofisika ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *