Masih bingung memilih jurusan? Minca punya rekomendasi jurusan yang langka tetapi prospeknya menjanjikan lho! Yuk kepoin jurusan teknik nuklir

Mengenal Jurusan Teknik Nuklir

Jurusan teknik nuklir akan mengajakmu untuk mempelajari pemanfaatan energi nuklir dan turunannya. Kamu akan belajar juga tentang teknologi nuklir, kewirausahaan teknik, serta tentunya faktor keselamatan.

Sekadar informasi, di indonesia sendiri belum banyak perguruan tinggi yang memiliki prodi teknik nuklir. Namun ada dua perguruan tinggi yang bisa kamu pilih jika ingin masuk jurusan ini. Pertama ada di UGM dan kedua di STTN atau Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir.

Perkuliahan Anak Teknik Nuklir

Untuk dapat lulus kuliah dari Jurusan Teknik Nuklir UGM, Kamu harus menyelesaikan total 144 SKS. Adapun 120 SKS adalah mata kuliah wajib sedangkan 24 SKS merupakan mata kuliah pilihan. Secara umum, kuliah di Jurusan Teknik Nuklir hampir serupa dengan kuliah di jurusan teknik pada umumnya. 

Semester awal berkuliah kamu akan belajar tentang dasar keteknikan. Misalnya fisika dasar, matematika dasar, kimia dasar, maupun gambar teknik. Di tengah materi tersebut, biasanya kamu juga diwajibkan mengambil praktikum.

Ini Alasan Kamu Harus Masuk Jurusan Teknik Nuklir 

Kamu Bisa Berkarier di Bidang Energi 

Siapa yang tidak butuh listrirk? Di dunia modern saat ini sudah tentu listrik menjadi kebutuhan pokok. Ditambah lagi dengan banyaknya industri yang membutuhkan sumber listrik yang besar. Nuklir menjanjikan pasokan listrik stabil dengan jumlah besar.

Namun, cadangan energi fosil yang kian berkurang, akhirnya dibutuhkan visi untuk memenuhi energi listrik secara berkelanjutan. Nah bagi kamu yang menyukai inovasi dalam bidang tersebut, jurusan teknik nuklir harus kamu pilih.

Berkesempatan untuk Berkarier di Luar Negeri 

Banyak negara yang berlomba untuk membangun PLN aatau fasilitas nuklir oertama. Sayangnya, banyak dari negara di dunia yang masih kekurangan ahli di bidang teknik nuklir. Nah jadi peluang kamu nih untuk bisa bekerja di luar negeri. Kesempatanmu sangat terbuka.

Aplikasi Disiplin Ilmu Teknik Nuklir Sangat Luas

Ketika berkuliah teknik nuklir, kamu tidak hanya belajar mengenai pemanfaatan energi nuklir saja. Kamu juga banyak belajar tentang fisika medis, aplikasi isotop lingkungan, dan industri. Nah teknologi tersebut sangat dibutuhkan dan dapat diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan.

Materi Ini yang Akan Kamu Pelajari

Secara garis besar, kamu lebih banyak belajar fisika, matematika, dan ilmu rekayasa. Nah kira-kira materi berikut akan kamu temui.

  1. Teknologi Aplikasi Radioisotop dan Radiasi 
  2. Produksi Isotop dan Senyawa Bertanda 
  3. Pengelolaan Limbah Radioaktif 
  4. Pengembangan dan Produksi Instrumentasi dan Peralatan Ionik 
  5. Teknologi Pengelolaan Bahan Bakar Nuklir 
  6. Teknologi Reaktor Nuklir 
  7. Keselamatan, Keamanan dan Proliferasi Teknologi Nuklir 
  8. Radioaktivitas Lingkungan Kedokteran Nuklir 
  9. Perpindahan Panas 

Nah secara spessifik membahas teknik nuklir UGM, terdapat dua peminatan yang ditawarkan, yaitu teknologi energi nuklir dan fisika media. Nah kalau kamu lebih kompeten di bidang teknologi nuklir, peminatan itu yang sebaiknya kamu ambil. Sebaliknya kalau kamuu lebih menyenangi fisika, peminatan fisika medis bisa kamu pilih.

 

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *