Hallo Campuspedia Friends! Percaya deh, pasti ada diantara kalian yang sudah mau SBMPTN malah baru kepikiran buat lintas jurusan. Gak ada yang salah dengan itu kok, memang terkadang passion kita malah muncul disaat – saat genting. Lagian, fenomena lintas jurusan SBMPTN itu wajar loh terjadi dan sering banget malahan!

Baca Juga:

Mungkin banyak yang panik ya karena udah mau hari H tapi malah baru kepikiran buat lintas jurusan. Entah minder sama yang murni anak IPA atau IPS, atau takut gak bisa ngejar materinya.

Nah, kali ini ada tips belajar khusus, nih! Khusus banget buat kamu yang ingin lintas jurusan SBMPTN dadakan sehingga waktu belajar yang kalian miliki mepet alias sedikit. Apalagi buat kalian yang mau lintas jurusan tapi gak mau ikut les PTN. Yuk simak ada apa aja!

miliki buku rangkuman dan latihan soalMiliki Buku Rangkuman dan Latihan Soal

Memang sih sebenarnya tidak diwajibkan untuk memiliki buku – buku latihan  soal yang dijual bebas di pasaran. Namun, ada baiknya kamu memiliki buku tersebut atau minimal pinjam kalau tidak ingin membeli.

Alasannya, karena biasanya buku latihan soal siap UTBK tersebut dilengkapi dengan rangkuman materi yang akan diujikan di UTBK. Cocok banget buat kamu yang ingin lintas jurusan SBMPTN, buku ini akan menjadi buku sakti kamu. Jadi kamu tidak perlu bingung dan repot untuk mempelajari materi apa saja yang akan diujikan.

lintas jurusan sbmptn 2021 harus atur jadwal ketatAtur Jadwal Ketat

Karena kamu termasuk golongan pejuang PTN lintas jurusan SBMPTN, maka resikonya kamu harus mengatur jadwal yang ketat untuk belajar. Apalagi kalau kamu kepikiran lintas jurusannya di satu bulan sebelum UTBK.

Tiada yang mustahil kok sebenarnya asal diikuti dengan niat dan kesadaran kamu pribadi. Namun ingat juga bahwa kamu tidak boleh memprioritaskan belajar saja, ingat juga sama kesehatan. Jadi jangan lupa untuk selalu meluangkan waktu untuk dirimu sendiri agar tidak stres ya.

Baca Juga:

jangan fokus tka ajaJangan Fokus ke TKA Aja!

Nah, biasanya kaum lintas jurusan SBMPTN nih terlalu fokus mempelajari materi TKA sehingga menyepelekan TPS. Padahal kalau kamu bisa menguasai TPS dengan baik, itu bisa menjadi kekuatan kamu untuk memperoleh nilai yang tinggi, lho!

Karena jujur saja, soal – soal pada Tes Potensi Skolastik (TPS) cenderung lebih mudah dan berisi pengetahuan dasar daripada soal Tes Kemampuan Akademik (TKA). Jadi bisa dibilang, salah satu trik dasar untuk mendapatkan nilai tinggi khususnya bagi para pejuang lintas jurusan adalah melalui penguasaan TPS yang baik.

jangan pelajari semua materiJangan Pelajari Semua Materi

Mentang – mentang lintas jurusan, kamu langsung panik karena bingung bagaimana menguasai materi 3 tahun dari 0 dalam waktu yang singkat. Eitss…jangan panik dulu ya!

Sebenarnya, tidak semua materi yang dipelajari selama 3 tahun masa SMA kamu itu diujikan pada UTBK. Hanya beberapa materi saja yang sebenarnya diujikan.

Daripada kamu membuang waktumu secara percuma dengan mempelajari semua materinya, lebih baik kamu cari tahu dulu kira – kira materi apa yang akan diujikan. Jadi biasakan mulai sekarang study smarter daripada study harder ya.

Baca Juga:

berdoa bersama dan restu orang tuaPerbanyak Doa

Terakhir dan tak kalah penting, apalagi kalau bukan doa ya kan? Ingat selalu dengan Yang Maha Kuasa dan jangan lupa meminta restu kepada orang tua biar dilancarkan usahamu mengejar PTN tersebut.

Percayalah, kekuatan doa itu dahsyat. Pasti Tuhan akan senantiasa membantu apalagi jika usahamu memang keras dan tekun dalam mengejar cita – citamu.

Jadi itu dia, Campuspedia Friends, beberapa tips belajar h – 1 bulan UTBK tanpa les untuk kamu pejuang lintas jurusan SBMPTN 2021. Yuk, terus berusaha dan jangan kebanyakan buang waktu ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *