Halo sahabat Campuspedia! Mungkin sebagian besar dari kalian belum banyak yang mengetahui mengenai banyaknya jurusan-jurusan yang ada di Indonesia. Karena kebanyakan yang kita tahu adalah jurusan kedokteran, teknik mesin, informatika, dan sebagainya. Tapi ada loh jurusan-jurusan yang sangat langka tetapi prospek kerjanya menjanjikan. Yuk, kita simak bersama-sama!

Baca juga:

Teknik Pengairan

Yang pertama adalah jurusan Teknik Pengairan. Kira-kira apa yang datang ke pikiran kalian pertama kali ketika mendengar tentang jurusan Teknik Pengairan? Yap, seperti namanya, jurusan Teknik Pengairan sebenarnya hampir sama dengan jurusan Teknik Sipil hanya saja di jurusan Teknik Pengairan, mahasiswanya akan mempelajari mengenai pembangunan yang berhubungan dengan sumber daya air. Misalnya jembatan, waduk, bendungan, dan lain-lain.

Jurusan ini termasuk langka di Indonesia karena sampai saat ini hanya ada dua kampus yang di dalamnya ada Jurusan Teknik Pengairan. Yakni Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung. Prospek kerja dari jurusan ini juga menjanjikan loh! Karena pembangunan dengan sumber daya air akan terus berlanjut setiap tahunnya, maka lulusan Teknik Pengairan sangatlah dicari.

Teknik Nuklir

jurusan langka indonesia

Yang kedua adalah jurusan Teknik Nuklir. Jurusan Teknik Nuklir bukan berarti di perkuliahan akan mempelajari cara membuat bom atau nuklir ya! Jurusan ini nantinya akan mempelajari mengenai peneerapan ilmu mengenai inti atom. Dimana ilmu ini merupakan turunan ilmu penerapan fisika nuklir dan interaksinya dengan radiasi dan material.

Jurusan ini hanya ada satu di Indonesia, tepatnya di Universitas Gadjah Mada. Sementara itu prospek kerjanya juga sangat menjanjikan loh! Lulusannya bisa bekerja di bidang energi atau pertambagan, atau di BUMN seperti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Baca juga:

Jurusan Aktuaria

Jurusan langka di Indonesia yang ketiga adalah jurusan Aktuaria. Banyak yang masih salah loh dalam menafsirkan jurusan Aktuaria ini. Kebanyakan orang masih mengira jurusan Aktuaria memiliki hubungan yang erat dengan sumber daya air. Padahal di jurusan Aktuaria, mahasiswanya akan belajar mengenai penerapan ilmu matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Jurusan ini erat kaitannya dengan asuransi.

Jurusan ini disebut langka karena pada tahun 2017 lalu masih baru 1 kampus saja yang memiliki program studi Aktuaria. Sementara prospek kerja kedepan sangat membutuhkan jurusan ini. Oleh sebab itu, buat kamu yang suka matematika dan keuangan, mungkin bakalan cocok banget masuk jurusan Aktuaria!

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan langka di Indonesia yang keempat adalah jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Jurusan ini hanya ada satu di Indonesia dan berdiri di Universitas Airlangga pada tahun 2020 lalu. Seperti yang kita tahu, di era modern ini teknologi kecerdasan buatan atau yang biasa kita kenali sebagai Artificial Intelligence memang sedang booming.

Menguasai AI adalah salah satu skill paling mahal saat ini, sehingga prospek kerja dari jurusan ini juga sangat besar loh! Mahasiswa nantinya akan belajar mengenai pengembangan integrasi antara robot dan kecerdasan buatan yang bisa diimplementasikan ke berbagai bidang. Buat kamu yang suka bikin robot atau pernah ikut ekstrakulikuler robotika, mungkin jurusan ini bakalan cocok banget sama kamu!

Baca juga:

Nah itu dia empat dari sekian banyaknya jurusan langka yang ada di Indonesia. Jangan sampai ketinggalan informasinya ya! Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow , , , , , dan  supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *